Sukses

Selain Rossi, 4 Pembalap MotoGP Pernah Tersangkut Masalah Pajak

Pedrosa bukan satu-satunya pembalap yang pernah tersandung masalah pajak.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang menyenangkan datang pada Dani Pedrosa pekan ini. Pembalap MotoGP itu tersandung kasus pajak di Spanyol.

Dalam pernyataan yang diunggah Pemerintah Spanyol, Pedrosa menunggak pajak hingga 7,8 juta euro atau sekitar Rp 116 miliar. Tentu hal ini sangat ironis mengingat pendapatan Pedrosa yang berlimpah sebagai pembalap.

Baca Juga

  • Mourinho Pindah MU, Chelsea Harus Bayar Gajinya?
  • Fans Cantik Chelsea Goda Fans Spurs dengan Ciuman
  • Jovetic: Inter Tidak Tabu Bicara Scudetto!



Namun Pedrosa bukan satu-satunya pembalap yang pernah tersandung masalah pajak. Bahkan pesaing beratnya, Valentino Rossi juga pernah terjerat kasus serupa.

Lalu siapa saja pembalap MotoGP yang pernah tersandung masalah pajak. Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Loris Capirossi

Capirossi dituduh lalai membayar pajak pada tahun 2002 pada Pemerintah Italia sebesar 1,3 juta euro. Bahkan investigator juga menuduh Capirex menunggak pajak hingga 12 juta euro pada tahun 1995 hingga tahun 2000.

Meski demikian pengacara Capirossi membantah kliennya melanggar hukum karena tinggal di Monaco. Akhirnya ia didenda dua juta euro oleh Pengadilan Italia pada tahun 2010.

3 dari 5 halaman

2. Max Biaggi

Eks pembalap MotoGP asal Roma ini dituduh menunggak pajak hingga 17 juta euro pada tahun 2012 oleh Pemerintah Italia. Menurut jaksa penuntut, Biaggi sengaja tinggal di Monte Carlo demi menghindari pembayaran itu.

Biaggi sendiri menyebut tuduhan padanya terlalu dibuat-buat. Apalagi ia telah tinggal di Monte Carlo sejak 1992. Kasus Biaggi sendiri masih berjalan hingga sekarang.

4 dari 5 halaman

3. Marco Melandri

Pembalap Italia lain yang terkena kasus pajak adalah Marco Melandri. Ia dituduh menunggak pajak hingga 3,6 juta euro pada tahun 2012 lalu.

Sama seperti Capirossi dan Biaggi, Melandri membantah kasus tersebut karena sudah lama tinggal di Inggris. Namun Pengadilan Italia memvonisnya 19 bulan hukuman penjara meski belum dijalaninya hingga sekarang.

5 dari 5 halaman

4. Valentino Rossi

Rossi dituduh menunggak pajak 112 juta euro pada tahun 2007. Pemerintah Italia menuduh Rossi yang tinggal di London tetap harus membayar pajak di Italia.

Tidak mau kasusnya menjadi besar, Rossi akhirnya berdamai dengan Pemerintah Italia dengan membayar uang denda sebesar 35 juta euro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini