Sukses

Deretan Pesepak Bola yang Bermasalah di Twitter

Para pesepak bola tersebut tidak mampu mengontrol emosinya saat memposting di twitter.

Liputan6.com, Jakarta - 'Mulutmu Harimaumu', mungkin itulah pepatah yang tepat bagi beberapa orang yang harus kehilangan suatu hal berharga akibat ulahnya sendiri. Terlebih jika ada seseorang yang harus dipecat dari pekerjaannya akibat kicauannya di media sosial.

Kabar mengejutkan baru saja terjadi di sepak bola Spanyol. Pemain 24 tahun, Sergi Guardiola, harus mengurungkan niatnya menjadi pemain Barcelona gara-gara kicauannya di twitter.

Barcelona pada Senin (28/12/2015) mengumumkan merekrut Guardiola dari Alcorcon. Pemain 24 tahun itu merupakan salah satu dari tiga pemain yang direkrut untuk memperkuat Barca B.

Namun Barca membatalkan transfer Guardiola karena tersinggung pada tweet-nya beberapa tahun lalu. Setelah diusut, diketahui Guardiola pernah berkicau menghina Barcelona dan Catalonia.

Sesaat setelah resmi bergabung dengan Barcelona, Guardiola juga memberikan pujian kepada Real Madrid di Twitter.

“HALA MADRID puta [f**k] cataluna,” kicau Guardiola di tahun 2013. Beberapa cuitan Guardiola juga berisi sentimen terhadap Catalonia.

Tapi ternyata kebiasaan berkicau di media sosial memang banyak dilakukan para pesepak bola top dunia. Akibatnya beberapa pesepak bola itu harus dijatuhi sanksi yang cukup memberatkan. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cole

1. Ashley Cole

Mantan bek Chelsea, Ashley Cole, sempat berseteru dengan federasi sepak bola Inggris (FA). Cole menghina FA pada akun Twitter-nya karena dinilai tidak adil saat menangani kasus rasis John Terry yang menimpa Anton Ferdinand.

Meski sudah meminta maaf dan menyesal, Cole tetap harus menerima hukuman. Akibat kejadian itu Cole harus menjalani larangan bertanding dan membayar denda 90 ribu pounds atau Rp 1,8 miliar.

3 dari 5 halaman

Babel

2. Ryan Babel

Mantan penyerang Liverpool, Ryan Babel, sempat memposting foto yang provokatif pada 2010. Saat ia masih memperkuat The Reds, Babel memposting foto wasit Howard Webb yang tengah mengenakan jersey Manchester United.

Foto itu ia unggah saat merasa kecewa lantaran timnya harus kalah dari MU 0-1 akibat penalti yang diberikan Howard Webb pada The Red Devils di ajang Piala FA. Akibatnya denda sebesar 10 ribu pounds atau Rp 203 juta diberikan kepada pemain asal Belanda itu.

4 dari 5 halaman

Ferdinand

3. Rio Ferdinand

Legenda Manchester United Rio Ferdinand sempat bersitegang dengan John Terry usai insiden dengan adiknya, Anton Ferdinand. Terry yang dianggap melakukan tindakan rasis mendapat cibiran dari rekan setimnya di Chelsea, Ashley Cole.

Akan tetapi, justru Cole yang mendapat sanksi dari federasi sepak bola Inggris (FA) akibat kicauannya di Twitter. Untuk menunjukkan solidaritas pada Cole, Ferdinand me-retweet salah satu postingan di Twitter 'Choc Ice' yang berarti hitam di luar, tapi putih di dalam.

Akibat postingan itu, Ferdinand mendapat hukuman denda 45 ribu pounds atau Rp 917 juta.

5 dari 5 halaman

Frimpong

4. Emmanuel Frimpong

Mantan pemain Arsenal mendapat cibiran dari fans akibat gaya bermain kerasnya. Salah satu fans Tottenham Hotspur pernah berkicau di Twitter 'saya berdoa Frimpong akan mematahkan tangan dan kakinya sendiri'.

Tapi Frimpong justru tersulut dan malah membalasnya."Jika Anda ke gereja hari ini, doakan saya agar meleset (saat menekel)," kicau Frimpong pada akun Twitternya.

Akibat postingan itu, Frimpong harus membayar denda 6 ribu pounds atau Rp 122 juta. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.