Sukses

Daftar Pesepak Bola Top Dunia dengan Nomor Punggung Aneh

Mereka tidak mengenakan nomor favorit seperti 10, 7, dan 9.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pesepak bola profesional, sebuah jersey dengan nomor punggung adalah hal yang lazim. Namun, terkadang para pesepak bola itu menginginkan jersey dengan nomor punggung yang unik atau yang benar-benar dia sukai.

Dengan nomor punggung unik, para pesepak bola itu dapat mencuri perhatian, bahkan dapat meraup popularitas jika mampu tampil cemerlang dengan nomor punggung yang menjadi ciri khasnya.

Saat ini, kita mengenal istilah CR7 jika bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, bermain di lapangan. Pasalnya ia sukses membawa Manchester United meraih sukses dengan nomor punggung 7.

Saat pindah ke Madrid, Ronaldo memang tidak langsung mengenakan nomor 7 melainkan 9. Namun sepeninggalan Raul Gonzalez, nomor punggung 7 pun diberikan pada pemain asal Portugal tersebut.

Dalam dunia sepak bola, beberapa nomor yang menjadi favorit adalah 1, 3, 7, 9, dan 10. Nomor punggung 1 biasa dikenakan seorang penjaga gawang, nomor punggung 3 adalah seorang pemain bertahan, 7 seorang playmaker, 9 penyerang, sedangkan 10 adalah ikon klub.

Namun ternyata banyak pemain bintang yang sempat mengenakan nomor punggung tidak lazim. Ada yang angkanya besar, ada juga yang angkanya 'aneh'.

Siapa saja pesepak bola itu? Berikut 5 di antaranya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Zamorano

1. Ivan Zamorano

Mantan bintang Inter Milan, Ivan Zamorano, mengenakan nomor yang sedikit unik saat pertama kali bergabung pada 1996. Ia sebenarnya ingin mengenakan nomor punggung 9 atau 10 di Inter.

Namun saat itu nomor 9 sudah dikenakan Ronaldo de Lima, sedangkan nomor 10 dipegang Roberto Baggio. Akhirnya pria asal Chile itu mengenakan nomor punggung 1+8.

3 dari 6 halaman

Rogerio

2. Rogerio Ceni

Penjaga gawang dengan raihan gol terbanyak, Rogerio Ceni, menjadi salah satu ikon di Sao Paulo. Ceni pernah mengenakan nomor punggung 618.

Setelah diusut, alasan Ceni mengenakan nomor itu adalah untuk mengingat bahwa laga tersebut adalah laga ke 618-nya. Ia mengenakan nomor itu pada saat melawan Atletico Miniero 2005 silam.

4 dari 6 halaman

Zerouali

3. Hicham Zerouali

Pesepak bola asal Maroko, Hicham Zerouali, mengenakan nomor punggung 0 saat memperkuat Aberdeen 1999 lalu. Nomor punggung itu ia pilih untuk memperkenalkan namanya 'Zero' yang berarti 0 dalam bahasa Inggris.

Zerouali juga sempat memperkuat tergabung di Timnas Maroko. Total ia sudah bermain 17 kali bagi Maroko.

5 dari 6 halaman

Ronaldinho

4. Ronaldinho

Ronaldinho selalu lekat dengan nomor punggung 10 saat masih memperkuat Barcelona. Namun ia tidak mengenakan nomor khas itu saat bergabung dengan AC Milan 2008.

Pemain asal Brasil itu mengenakan nomor punggung 80 saat memperkuat Milan. Tidak jelas apa penyebabnya, namun yang pasti nomor-nomor favorit saat itu sudah ada yang memilikinya.

6 dari 6 halaman

Beckham

5. David Beckham

Saat masih memperkuat Manchester United, David Beckham identik dengan nomor punggung 7. Akan tetapi saat ia pindah ke Real Madrid pada 2003, nomor 7 pun ia tanggalkan.

Beckham memilih untuk mengenakan nomor punggung 23 di Madrid, sama halnya kala ia memperkuat LA Galaxy. Alasannya adalah ia mengidolakan sosok Michael Jordan yang juga mengenakan nomor punggung 23 di Chicago Bulls.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.