Sukses

Menpora Minta Ayah Sherina Munaf Desain Ulang Drawa

Drawa merupakan perwujudan burung khas Papua, Cendrawasih.

Liputan6.com, Jakarta - Maskot Asian Games 2018 yang bakal dilangsungkan di Jakarta-Palembang, Drawa dicibir habis oleh netizen. Drawa merupakan perwujudan burung khas Papua, Cendrawasih.

Saat diperkenalkan ke publik, banyak netizen yang menghujatnya. Desain Drawa dinilai sangat kuno, bahkan ada yang menyebut maskot Asian Games ke-18 seperti belum mengenal Photoshop.

Baca Juga

  • Jelang Tahun Baru, Intip Aksi Marquez Tipu Fans
  • Kaleidoskop MotoGP 2015: Dominasi Rossi Dipatahkan Lorenzo
  • Klopp: Guardiola Tak Akan Gabung City

Polemik seputar kehadiran Drawa sebagai maskot Asian Games 2018 bahkan sempat jadi trending topic Twitter. Menanggapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi langsung bertindak cepat.

Dia langsung mencari saran dari Kepala Badan Ekonomi Kreatif yang juga merupakan ayah kandung artis Sherina Munaf yakni, Triawan Munaf agar desain Drawa didaur ulang.

"Saya sudah diskusi dengan Kepala Badan Ekonomi Kreatif dan meminta dia melihat ulang (desain) Drawa. Dalam waktu dekat ini, kami akan mendiskusikan lagi," ucap Imam Nahrawi saat ditemui di Widya Chandra, Kamis (31/12/2015).

"Kita akan setting ulang gambar maskot Asian Games dengan para profesional yang ahli di bidang desain. Namun tidak mengganti Cendrawasih sebagai bentuk utama maskotnya, hanya mendapat sentuhan yang lebih baik," sambung pria asal Bangkalan, Madura itu.

Desain Drawa yang dicibir netizen ini belum didaftarkan ke Olympic Council of Asia (OCA). Artinya, masih ada waktu untuk mengubah tampilannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Sayembara

Sementara itu, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Gatot S Dewa Broto menjelaskan, Badan Ekonomi Kreatif dan pihak Kemenpora sepakat tidak akan membuat sayembara dalam hal mendesain Drawa.

"Pak Triawan akan mengundang beberapa pihak terkait yang ahli dan profesional di bidang desain logo dan maskot, ada seleksi terbatas di antara mereka dan dalam waktu dua bulan paling lama akan selesai," kata Gatot.

Menurut Gatot, Menpora mengaku menerima atas usulan dari pihak Badan Ekonomi Kreatif. "Menpora positif atas uluran tangan Pak Triawan tersebut, minggu depan akan mulai rapat membahas hal itu," dia menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini