Sukses

Espanyol Vs Barcelona: Mencari Penguasa Catalonia di Awal Tahun

Kemenangan sangat dibutuhkan Barcelona dalam laga ini demi terus memuncaki klasemen.

Liputan6.com, Barcelona -
 
Barcelona membuka 2016 dengan pertandingan spesial. Mereka akan melakoni Derby Catalan, melawan Espanyol, Sabtu (2/1/2016) malam WIB.
 
Dalam laga tutup tahun, Barcelona bermain apik dengan mencatat kemenangan 4-0 atas Real Betis. Sebuah hasil yang diharapkan pelatih Luis Enrique bisa berlanjut pada tahun baru ini.
 
"Saya tidak mau mengenang 2015 karena sudah lewat. Sekarang saya lebih fokus pada 2016 dan berusaha menjadi lebih baik lagi. Itu adalah sikap yang harus diterapkan seorang profesional," kata Enrique. 

Baca Juga

  • Agen Bantah Ibra Sengaja Kabur dari Calciopoli
  • Jadwal Lengkap MotoGP 2016, Indianapolis Menghilang
  • Balotelli Kembali ke Liverpool Musim Depan?
Kemenangan sangat dibutuhkan Barcelona dalam laga ini agar bisa terus memuncaki klasemen. Los Azulgranas punya catatan poin sama, 38, dengan rival terdekatnya Atletico Madrid, namun masih mengantongi satu pertandingan sisa."Target kami menang. Kami berharap bisa meraih tiga poin pertama di 2016 dan kembali memenangkan gelar bagi tim, fans serta klub," ujarnya.
 
Sementara Espanyol yang akan bermain di kandang,  Power8 Stadium, berbekal catatan apik saat menjamu sang juara bertahan. Mereka tidak kalah sejak 3 Oktober silam dan berhasil meraih delapan poin dari empat laga terakhirnya.
 
Tapi sayangnya, jika menengok catatan head to head langsung dengan Barcelona, Espanyol pantas berkecil hati. Mereka belum pernah mengalahkan saudara sekotanya itu sejak Januari 2007 silam.
 
Kabar buruk lain bagi Espanyol jelang laga ini adalah tidak bisa diturunkannya duo Victor Sanchez dan Jose Canas. Mereka kemungkinan absen hingga sebulan ke depan setelah mengalami cedera melawan Sevilla beberapa waktu lalu.
 
 
Sedangkan Barcelona yang sekarang sudah bebas dari hukuman transfer FIFA, sudah bisa memainkan Arda Turan dan Aleix Vidal yang mereka beli di musim panas lalu. Tapi kemungkinan keduanya masih ditahan untuk melakukan debut sampai pekan depan saat melakoni pertandingan 16 besar Copa del Rey, juga melawan Espanyol.
 
Catatan penting lain, bagi Messi laga melawan Espanyol memiliki nilai historis tersendiri, karena dalam partai itu La Pulga mengawali kiprahnya di Barcelona. Pada 16 Oktober 2004, di usia 17 tahun 114 hari, dia tercatat sebagai pemain termuda yang melakukan debut buat Blaugrana.
 
Mengingat hal itu bisa jadi Messi akan tampil lebih bersemangat menghadapi Espanyol nanti. Bukan tak mungkin dia akan kembali mengamuk dan melesakan banyak gol ke gawang lawan.
 
Prakiraan susunan pemain:
 
Barcelona : Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Roberto, Iniesta; Messi, Suarez, Neymar.
 
Espanyol : P. Lopez; J. Lopez, Roco, Alvaro, Duarte; Diop, Jordan; Asensio, Salva Sevilla, Perez; Caicedo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.