Sukses

7 Agenda Seru Olahraga Tahun 2016

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2016 akhirnya datang juga. Sederet agenda olahraga kembali bergulir sepanjang tahun ini, baik yang berlangsung di dalam maupun luar negeri. Sebagain bahkan sayang untuk dilewatkan. 

Baca Juga

Dari panggung sepak bola, sorotan akan tertuju ke Piala Eropa 2016. Event ini akan digelar di Pracis, pada pertengahan tahun. Selain itu masih ada final Liga Champions di San Siro, Itali.

Sementara itu, dari ajang multievent, jangan sampai melewatkan Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil. Sedangkan dari dalam negeri Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar juga berlangsung tahun ini.

Agenda olahraga tepok bulu alias bulutangkis juga sayang untuk dilewatkan karena turnamen tertua dan paling prestisius di dunia semacam All England akan digelar 8 Maret, di Barclaycard Arena. Berikut beberapa agenda besar dalam dunia olahraga yang telah dihimpun Liputan6.com

Piala Eropa 2016
2016 UEFA European Championship, atau sering disebut sebagai UEFA Euro 2016 atau hanya Euro 2016 akan menjadi edisi ke-15 dari Piala Eropa, kejuaraan sepak bola pria empat tahunan di benua Eropa yang diselenggarakan oleh UEFA.

Prancis akan menjadi tuan rumah selama sebulan penuh, dari 10 Juni sampai 10 Juli. Dalam dua edisi sebelumnya, Piala Eropa dimenangkan berturut-turut oleh Spanyol.

1 dari 4 halaman

2

Olimpiade 2016
2016 Summer Olympics atau Olimpiade  Musim Panas 2016 secara resmi dikenal sebagai Olimpiade XXXI. Tahun ini, Rio de Janeiro, Barsil menjadi tuan rumah ajang multi-olahraga internasional, mulai tanggal 5-21 Agustus.



Final Liga Champions
UEFA Champions League atau Liga Champions Eropa musim ini telah memasuki edisi ke-61 sejak diselenggarakan oleh Federasi Sepak bola Uni Eropa (UEFA). Stadion San Siro, Milan, Italia akan menjadi venue final laga pamungkas kompetisi bergengsi ini pada 28 Mei 2016.

2 dari 4 halaman

3

Piala Thomas dan Uber
Tahun ini adalah edisi ke-29 dan 26 Piala Thomas (putra) dan Uber (putri), kejuaraan bulutungkis terkemuka dunia. Pada tahun ini, Pusat Olahraga Kunshan di Kunshan, Provinsi Jiangsu, Cina, menjadi tuan rumah mulai dari 15-22 Mei 2016.

All England
Kejuaraan Badminton All England Terbuka, atau singkatnya All England adalah salah satu turnamen tertua dan paling bergengsi dalam olahraga bulutangkis dunia. Disponsori oleh produsen perangkat olahraga bulutangkis ternama, Yonex, All England akan digelar di Barclaycard Arena (dulu National Indoor Arena) pada Selasa, 8 Maret 2016.

3 dari 4 halaman

4

Piala AFF 2016
2016 AFF Championship (dengan nama komersil AFF Suzuki Cup 2016) akan menjadi edisi kesebelas Piala AFF, kejuaraan sepak bola untuk negara-negara yang berafiliasi dengan Federasi Sepakbola ASEAN. Myanmar dan Filipina akan berbagi peran sebagai tuan rumah selama bulan Desember tahun ini.

PON Jabar
Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 menjadi edisi ke-39 pesta olahraga se-Indonesia. PON kali ini diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat dan hal ini menjadi hadiah tersendiri untuk Kota Kembang karena bisa jadi tuan rumah setelah 40 tahun menunggu.

Bandung pertama kali mengemban tugas jadi tuan rumah pada edisi kelima PON tahun 1961 dan Propinsi Jawa Barat jadi daerah tersukses kedua dalam sejarah PON karena menyabet juara umum tiga kali (1951, 1953, dan 1961).