Sukses

4 Agenda 'Ngamen' Klub ISL Setelah Piala Jenderal Sudirman

Piala Jenderal Sudirman bukan jadi yang terakhir dalam tahun ini karena dalam tiga bulan ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Jenderal Sudirman telah memasuki babak empat besar. Turnamen ini bukan jadi yang terakhir dalam tahun ini karena dalam tiga bulan ke depan, ada tiga ajang lagi yang bisa diikuti sejumlah tim sambil melakukan pemanasan jelang kompetisi resmi.

Baca Juga

  • Inikah Klub Anyar Pilihan Van Dijk di Malaysia?
  • Eksodus Pemain Persib ke Malaysia, Siapa Raih Sukses?
  • Gelandang Persib Jualan Kaus

Pada semifinal leg pertama Piala Jenderal Sudirman, Mitra Kukar akan menjamu Arema Cronus di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu (9/1/2016). Sedangkan Pusamania Borneo FC (PBFC) jadi tuan rumah untuk Semen Padang, keesokan harinya.

Leg kedua semifinal akan berlangsung pada 17 Januari 2016, dengan pertandingan final yang rencananya di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, pada 24 Januari 2016.

Lebih jauh, keempat tim ini akan bergabung dengan klub lain sebagai peserta dalam turnamen persahabatan. Apa saja turnamen yang akan digelar pada tahun ini? Liputan6.com telah merangkumnya untuk Anda.

1. Perisai Cup

Turnamen ini akan mempertemukan juara Piala Presiden 2015 dengan juara Piala Kemerdekaan. Persib yang notabene sebagai juara Piala Presiden, baru saja menggelar latihan terbuka usai libur tahun baru, pada Sabtu (2/1/2016).

Sedangkan juara Piala Kemerdekaan PSMS Medan rencananya memanggil kembali pemain mereka untuk mengikuti seleksi pada 5 Januari besok. Maklum, empat pemain Ayam Kinantan seperti Fiwi Dwipan, Hamzali, Andy Prayoga dan Safrial Irfandi tengah mengikuti pendidikan militer.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada jadwal pasti dari pihak penyelenggara untuk turnamen ini. Yang jelas, Persib hanya menyanggupi satu pertandingan uji coba menghadapi Persipasi Bandung Raya (PBR), pada 16 Januari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2

2. Piala Marah Halim

Marah Halim Cup mungkin asing didengar pecinta sepak bola saat ini. Namun, turnamen yang digagas oleh Gubernur ke-11 Sumatera Utara, Marah Halim Harahap ini pernah tenar pada tahun 1970'an.

Pertama kali di selenggarakan pada 1972, Marah Halim Cup seharusnya digelar pada pertengahan Januari 2015 lalu. Sayang, konflik dualisme Yayasan Marah Halim membuat tak ada sponsor yang berminat pada ajang ini.

Bisa ditebak, Marah Halim Cup akhirnya mundur hingga Maret tahun ini. Turnamen tersebut rencananya akan mengundang klub-klub besar Indonesia seperi Persib Bandung dan Surabaya United, di samping PSMS sebagai tuan rumahnya di Stadion Teladan, Medan.

3. Piala Gubernur Kaltim
 
Untuk memperingati HUT Provinsi Kalimantan Timur ke-59, pemerintah daerah Kaltim bakal menggelar turnamen sepak bola bertajuk Piala Gubernur Kaltim. Ajang ini disebut-sebut akan mempertemukan 11 klub besar ISL ditambah Pra PON Kaltim.

Sebelas klub yang rencananya ambil bagian adalah tuan rumah Pusamania Borneo FC, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Bali United, Arema Cronus, Persija Jakarta, Persib Bandung, Surabaya United, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC dan PSM Makassar.

3 dari 3 halaman

3

4. Piala Bhayangkara

Piala Kapolri atau Piala Bhayangkara menjadi agenda kedua pemerintah untuk terus menggelar turnamen sebelum menggodok kompetisi resmi. Setelah Piala Jenderal Sudirman, giliran Kepolisian Republik Indonesia yang akan meniru langkah TNI dengan membuat turnamen bergengsi.

Kabarnya, ajang ini bakal berlangsung pada bulan Maret mendatang dan tidak menutup kemungkinan Polri akan mengikutsertakan tim berisikan para pemain profesional dengan berbagai latar belakang pekerjaan di Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini