Sukses

Pemain-pemain Bertubuh 'Gempal' di Liga Inggris

Ada yang diuntungkan dengan tubuh besar, tapi banyak yang dirugikan.

Liputan6.com, London - Untuk menjadi pesepakbola top dunia seorang pemain harus mampu menjaga asupan gizi makanannya. Bentuk tubuh ideal seringkali menjadi faktor penentu keberhasilan seorang pemain meraih prestasi.

Anda ingat sosok Ronaldo de Lima? Ya pemain asal Brasil tersebut dijuluki El Phenomenon berkat kepiawaiannya mengolah si kulit bundar.

Tapi, masalah bobot berlebih menghampirinya. Saat masih memperkuat Real Madrid, pelatih Fabio Capello, sempat mengeluh berat tubuh yang dimiliki Ronaldo.

Akibatnya pemain berkepala plontos itu harus didepak ke AC Milan sebelum pensiun pada 2011. Pasalnya, program diet yang ia jalankan tidak berjalan dengan maksimal.

Namun pada ajang sekelas Liga Inggris, ternyata masih ada beberapa pemain yang bertubuh gempal. Ada yang diuntungkan dengan besarnya tubuh itu, tapi ada juga yang harus tertatih-tatih untuk meraih prestasi. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Graham

1. Danny Graham

Penyerang Sunderland, Danny Graham, memiliki bobot tubuh yang kurang ideal. Ia memiliki berat tubuh sekitar 87 kg dan tinggi 1,83 meter.

Sempat melesat bersama Watford di Divisi Championship 2009 hingga 2011. Kini Graham kesulitan mencetak gol untuk Sunderland di Liga Premier. Musim 2015/2016, pemain 30 tahun itu baru tampil sebanyak delapan kali dan belum mencetak gol.

Performa Graham tentu saja berimbas kepada prestasi Sunderland yang terus terpuruk. Saat ini, mereka masih tertahan di posisi ke-19 dengan 15 poin dari 20 laga.

3 dari 6 halaman

Lukaku

2. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku menjadi sosok penting di lini depan Everton dalam beberapa musim terakhir. Ya penyerang Belgia ini cukup diuntungkan dengan postur tubuh besarnya.

Lukaku memiliki berat 97 kg dan tinggi 1,93 meter. Banyak yang menilai kegagalannya tampil cemerlang bersama Chelsea salah satunya disebabkan postur tubuh yang tidak ideal.

Namun begitu, musim ini Lukaku masih mampu mempertontonkan penampilan bagusnya. Saat ini, dia masih tercatat sebagai salah satu pencetak gol terbanyak Liga Primer dengan 15 gol.

4 dari 6 halaman

Ruddy

3. John Ruddy

Penjaga gawang Norwich City, John Ruddy, saat ini lebih banyak menghiasi bangku cadangan. Kiper berusia 29 tahun itu kalah saing dengan Jake Kean.

Jika dilihat bentuk tubuh Ruddy memang kurang ideal. Ia memiliki berat mencapai 97 kg dan tinggi 1,93 meter, terlalu berat untuk seorang kiper.

5 dari 6 halaman

Gibson

4. Darron Gibson

Darron Gibson tidak pernah menjadi sosok yang langsing sejak bermain di Liga Premier pada 2007/2008 lalu. Gibson sempat menjadi pemain paling gemuk kelima di Inggris.

Saat ini pemain 28 tahun itu lebih banyak mengisi bangku cadangan. Inkonsistensi dan badai cedera membuat pria Irlandia Utara itu lebih banyak duduk di luar lapangan.

Postur tubuh yang tak ideal ini pula yang disebut-sebut menjadi penyebab kegagalan Gibson di Mancester United. Dalam periode 2005-2012, Gibson hanya jadi penghangat bangku cadangan MU. Dia juga sempat dipinjamkan Royal Antwerp dan Wolverhampton Wanderers.

6 dari 6 halaman

Morgan

5. Wes Morgan

Bek Leicester City, Wes Morgan, menjadi salah satu pemain dengan tubuh gempal di Liga Inggris. Tingginya mencapai 1,85 meter dan beratnya 93 kg.

Ternyata dengan tubuh sebesar itu Morgan sukses menjaga pertahanan The Foxes. Musim 2015/2016 ini Leicester berada di papan atas klasemen Liga Premier.

Morgan sendiri selalu jadi andalan pelatih Claudio Ranieri. Musim ini, dia tak pernah absen di 20 laga Leicester di Liga Primer.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.