Sukses

Mitra Kukar Vs Arema Cronus: Adu Tajam Lini Depan

Siapa yang bakal menang di leg pertama semifinal Piala Jenderal Sudirman malam nanti?

Liputan6.com, Tenggarong- Mitra Kukar akan menjamu Arema Cronus dalam leg pertama semifinal Piala Jenderal Sudirman 2015 pada Sabtu (9/1/2016) pukul 19.30 WIB di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kalimantan Timur. Menghadapi tim paling produktif di turnamen ini, Mitra Kukar bakal menurunkan kekuatan terbaiknya.

Baca Juga

  • Yamaha Siapkan Dua Pembalap Pengganti Rossi dan Lorenzo
  • [KOLOM] Dipecat Madrid, Benitez Keluar dari 'Neraka'
  • Kapten Watford Tak Rela Ighalo Gabung MU

Klub berjuluk Naga Mekes tersebut bisa kembali mengandalkan striker asal Brasil, Patrick Dos Santos Cruz untuk menjebol gawang lawan. Saat ini, Patrick masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara (6 gol).

Duel menarik di lini depan kedua tim bakal tersaji karena penyerang Arema, Samsul Arif dan Christian Gonzales menguntit Patrick dengan masing-masing mengemas 4 gol. Terlebih lagi, anak-anak asuhan Joko 'Gethuk' Susilo ini merupakan klub paling subur di sepanjang turnamen karena telah mengoleksi 17 gol dalam tujuh pertandingan waktu normal.

Bandingkan dengan Naga Mekes, selain bergantung dengan Patrick, mereka hanya mengoleksi 9 gol saja dalam waktu pertandingan normal. Melihat fakta ini, pelatih Jafri Sastra telah menggeber beberapa latihan dan bahkan tak menurunkan Patrick dalam pertandingan uji coba melawan tim PON Kalimantan Timur.

"Tadi sebelum tanding, saya sengaja temui bang Edi Simon (pelatih PON Kaltim) dan meminta mereka bermain seperti Arema dengan skema 4-3-3. Saya suruh mereka tekan tim kita," kata Jafri seperti yang dikutip dalam laman resmi klub, mitrakukar.com, Selasa (5/1) pagi.

Skuad Mitra Kukar menekuk tim PON Kalimantan Timur dengan skor 2-0 dan gol kemenangan dicetak oleh Rodrigo Ost Dos Santos lewat tendangan penalti serta lewat kaki Septian David.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Formasi

Pelatih Jafri Sastra akan mengandalkan trio Brasil dalam skuat asuhannya, yakni bek tengah Arthur Cunha, gelandang Rodrigo Dos Santos, dan striker Patrick Dos Santos Cruz. Sementara penyerang sayap Defri Rizki yang tampil memukau di babak delapan besar, bisa diturunkan lebih awal.

Kala menjamu PS TNI di laga terakhir babak 8 besar, pemain yang pernah membela tim PON Aceh tersebut rajin membuka serangan dari sayap kanan Naga Mekes. Kesabaran Arema nanti juga bakal diuji sebagai tim paling produktif sepanjang turnamen melihat kokohnya lini belakang tuan rumah.

Alasan pertama, Mitra Kutai Kartanegara berpeluang kembali diperkuat bek kanan sekaligus kapten mereka, Zulkifli Syukur yang cedera sejak fase penyisihan grup. Selain itu, duel kiper berkualitas bakal tersaji antara Shahar Ginanjar dengan  I Made Kadek Wardana (Arema).

Shahar berhasil melakukan 19 kali penyelamatan dan 'hanya' kebobolan 6 kali sepanjang turnamen, kalah satu penyelamatan dari Jandia Eka Putra (Semen Padang/20 Saves). Bandingkan dengan Kadek dengan 18 saves serta bisa clean sheet dalam 3 laga.

Dari kubu lawan, Singo Edan tidak membawa I Gede Sukadana dan Hendro Siswanto yang masih cedera. Selain itu, gelandang sayap gaek  Arif 'Keceng' Soyono secara mengejutkan tak masuk dalam daftar 20 pemain yang terbang ke Kalimantan Timur.

Padahal, Keceng hafal betul permainan calon lawan Arema yang sempat dibelanya selama 2011 hingga 2013. Namun yang melegakan, ada nama trio gelandang tengah Ahmad Bustomi, Toni Mossi, dan Juan Revi dalam rombongan tersebut.

Lima Pertandingan Terakhir Mitra Kukar

20 Desember 2015    PS TNI vs Mitra Kukar        1-3
15 Desember 2015    Semen Padang vs Mitra Kukar        2-1
12 Desember 2015    Mitra Kukar vs Persija        3-1
29 November 2015    Persipura Jayapura vs Mitra Kukar    1-0
23 November 2015    Mitra Kukar vs Semen Padang        0-0

Lima Pertandingan Terakhir Arema Cronus
22 Desember 2015    Arema Cronus vs PBFC        2-2 (5-4)
19 Desember 2015    Surabaya United vs Arema Cronus    1-3
13 Desember 2015    Arema Cronus vs Persipura Jayapura    1-0
28 November 2015    Persija Jakarta vs Arema Cronus    0-1
22 November 2015    Arema Cronus vs Sriwijaya FC        2-0

Prediksi Susunan Pemain:

Mitra Kukar (4-3-3): Shahar Ginanjar; Abdul Gamal, Arthur Cunna, Rudolf Y. Basna, Zulkifli Syukur, Bayu Pradana, Hendra Ridwan, Rizky A Pellu, Septian Maulana, Patrick Cruz, Defri Rizky

Arema Cronus (4-3-2-1): Kadek Wardana; Benny Wahyudi, Purwaka Yudi, Kiko Insa, Hasyim Kipuw, Toni Mossi, Ahmad Bustomi, Juan Revi, Samsul Arif, Esteban Vizcarra, Christian Gonzalez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.