Sukses

ISL Terbentur BOPI, PT Liga Buat Turnamen Mandiri di Luar PSSI

Gelaran ini bernama ISC (Indonesia Super Competition) menggantikan ISL

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia mengumumkan terobosan untuk kompetisi profesional di 2016. Selaku operator kompetisi, PT Liga membentuk turnamen mandiri dan mengubah nama ISL menjadi ISC (Indonesia Super Competition).

Gelaran ISC ini milik PT Liga Indonesia,bukan PSSI. Rencananya turnamen ini bakal digelar pada Maret hingga November 2016 mendatang. ISC berada di luar PSSI. Semua perangkat pertandingan di bawah kendali PT Liga Indonesia.

Keputusan ini diambil PT Liga setelah meggelar rapat dengan 18 klub peserta ISL di Hotel Parklane, Sabtu (16/1/2016).

"PSSI memberikan keleluasaan kepada Liga dan ISL berkompetisi tanpa PSSI," ujar CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.

Baca Juga

  • Gagal Kendalikan Pemain, Chelsea Terancam Sanksi FA
  • Manchester City Vs Crystal Palace: The Citizens Labil
  • La Nyalla Minta Klub Anggota PSSI Tunduk Statuta FIFA

PT Liga telah mendapat restu dan wewenang dari PSSI untuk memutar ISC. "PSSI sudah menyetujui penggantian nama ini dan menyerahkan kepada PT Liga dalam menjalankan format kompetisi. Masalah wasit dan judicial body seperti banding dan disiplin, PT Liga akan membuat elemen tadi."

Menurut Joko, PT Liga membuat turnamen baru di luar PSSI karena ISL belum mendapat rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Terlebih, Kementrian Pemuda dan Olahraga belum mencabut pembekuan terhadap PSSI.

"Secara administratif, PT Liga telah memohon rekomendasi kepada BOPI, kami juga sudah dapat jawabannya. Rekomendasi untuk ISL 2016 tidak diberikan," Joko melanjutkan.

Soal nama turnamen, kemungkinan besar masih bisa berubah, terlebih bila ada sponsor yang turut berpartisipasi di gelaran ini. "Nanti nama ini bisa saja berganti dari sponsor."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.