Sukses

5 Pemain yang Gagal Bersinar di Barcelona

5 pemain ini gagal menembus tim utama, akibatnya kontraknya diputus sebelum habis.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu klub papan atas dunia, Barcelona sering membidik talenta-talenta top untuk bersaing dengan klub lainnya. Bahkan mereka juga didukung dengan akademi yang banyak mencetak bintang, La Masia.

Salah satu rekrutan tersukses Barcelona dalam dua tahun terakhir adalah Luis Suarez. Pemain asal Uruguay itu didatangkan Barca dari Liverpool dengan harga 81 juta euro musim 2014/2015 lalu.

Baca Juga

  • NOAH dan Slank akan Meriahkan Final Piala Jenderal Sudirman
  • Ancam Pukuli Wartawan, Pemain Ini Diskors
  • AC Milan Kecolongan Kasus Pencurian Umur

Ternyata harga yang dibayarkan Blaugrana untuk Suarez tidak sia-sia. Bersama Lionel Messi dan Neymar, Suarez langsung nyetel di lini serang dan menjadi trisula menakutkan. Di musim pertamanya, Barca meraih treble winners (La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions).

Luis Suarez bersama Neymar dan Messi

Akan tetapi tidak semua perekrutan pemain Barcelona berjalan lancar. Bahkan mereka pernah mendatangkan pemain yang hanya mengisi bangku cadangan.

Salah satunya adalah Keirrison, talenta Brasil yang dibeli pada 2009. Mereka membayar 14 juta euro kepada Palmeiras untuk pemain tersebut.

Keirrison

Sial bagi Barcelona. Keirrison kariernya redup setelah dibeli mereka. Keirrison tak pernah tampil sekalipun di laga resmi.

Keirrison dipinjamkan Barcelona ke lima klub berbeda yakni Benfica, Fiorentina, Santos, Cruzeiro dan Coritiba. Barca bahkan akhirnya memutus kontrak Keirrison di tengah jalan. Kini Keirrison baru saja menandatangani kontrak bersama klub Thailand, Buriram United.

Namun siapa saja pemain Barcelona yang gagal bersinar? Berikut deretannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suarez dan lainnya

1. Jeffren Suarez

Jeffren Suarez

Lionel Messi, Andres Iniesta, hingga Gerard Pique adalah nama-nama yang kini menjadi andalan di skuat utama Barcelona. Perlu diketahui mereka lahir dari akademi La Masia.

Namun sayangnya, tidak semua produk didikan La Masia berhasil. Salah satunya adalah penyerang Jeffren Suarez yang masuk ke tim senior Barcelona di tahun 2008.

Meski pernah ditangani Pep Guardiola di Barcelona B, Suarez gagal menembus tim utama Barcelona senior. Akibatnya selama tiga tahun pemain asal Venezuela itu hanya mampu tampil 22 kali dan jarang mencetak gol. Pada 2011, Barca melepasnya ke Sporting Lisbon.

2. Dmytro Chygrynskiy

Chyrginskiy

Dmytro Chygrynskiy dibeli Barcelona dari Shakhtar Donetsk pada tahun 2009. Barca harus membayar mahar 25 juta euro demi meyakinkan Shakhtar agar melepas Chygrynskiy.

Fans Barca menaruh harapan besar pada Chygrynskiy. Pemain berambut gondrong ini diharapkan bisa mengatasi kelemahan Barca pada bola-bola atas karena punya postur tinggi besar.

Namun apa daya, Chygrynskiy tak mampu beradaptasi dengan baik. Meski Guardiola masih ingin mempertahankannya, pria Ukraina ini cuma bertahan semusim.

Barca menjual kembali Chygrynskiy ke Shakhtar semusim kemudian. Barca harus merugi 10 juta euro.

3 dari 3 halaman

Maxi Lopez dan lainnya

3. Maxi Lopez

Maxi Lopez

Barcelona merekrut Maxi Lopez seharga 6,2 juta euro dari Riverplate pada 2005. Tujuan Barca mendatangkan pemain asal Argentina itu adalah untuk menjadi pelapis Henrik Larsson yang cedera.

Namun Lopez tidak mampu memenuhi keinginan klub dan hanya menjadi pemanis bangku cadangan. Dua tahun berseragam Blaugrana, Lopez akhirnya dilepas ke FC Moscow pada 2007.

4. Martin Caceres

Martin Caceres

Satu lagi pemain belakang yang gagal di Barcelona adalah Martin Caceres. Pria Uruguay ini dibeli 16,5 juta euro dari Villarreal pada musim panas 2008.

Caceres tak kuat menghadapi tekanan membela Barcelona. Dia sempat dua kali dipinjamkan ke Juventus dan Sevilla.

Barca akhirnya menjual murah Caceres ke Sevilla pada tahun 2011 dengan harga tiga juta euro saja.

Caceres nampaknya tak berjodoh dengan Barca. Kini Caceres kembali ke bentuk penampilan terbaiknya bersama Juventus.

5. Henrique

Henrique

Tahun 2008 menjadi salah satu tahun sial bagi Barca dalam hal aktivitas transfer. Selain Hleb, ada satu pembelian Blaugrana lain yang gagal bersinar.

Dia adalah bek Brasil Henrique. Barca membelinya dari Palmeiras senilai delapan juta euro. Sama seperti Keirrison, Henrique tak pernah tampil sekalipun untuk Barcelona.

Kontrak Henrique dibatalkan oleh Barca pada tahun 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini