Sukses

Tiga Event Besar Ini Jadi Target Ganda Putra di 2016

Henda Setiawan/Mohamad Ahsan tetap jadi andalan di ganda putra.

Liputan6.com, Jakarta: Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih menjadi andalan di sektor ganda putra pelatnas. Mendampingi Hendra/Ahsan, PBSI punya beberapa pasangan yang kian mendekati level Juara Dunia 2015 tersebut.

Baca Juga

  • Barcelona Tanpa Dua Mesin Gol Lawan Bilbao
  • Everton Siap Lepas Lukaku ke MU, Jika...
  • Wonderkid Uruguay Bakal Jadi Rekrutan Pertama Zidane di Madrid

Pasangan Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi sementara diperkirakan paling berpeluang untuk mendampingi Hendra/Ahsan di turnamen level tertinggi termasuk olimpiade. Hal ini dijelaskan oleh Herry Iman Pierngadi, Kepala Pelatih Ganda Putra PBSI.
 
“Angga/Ricky memang paling berpeluang mendampingi Hendra/Ahsan, namun mereka sampai saat ini masih menguber poin ke olimpiade. Peluang Angga/Ricky masih 50-50, soalnya banyak target di 2015 yang meleset, diluar perkiraan,” ujar Herry seperti rilis yang diterima media.
 
“Mengenai penghitungan poin memang agak sulit, karena masih berjalan. Kita juga harus pantau pergerakan rangking lawan. Pokoknya Angga/Ricky harus maksimal di tiap turnamen, minimal harus sampai semifinal. Mereka mesti kerja keras di tahun 2016 ini,” jelas Herry.
 
Baru akan memulai start di 2016, Angga terserang penyakit demam berdarah yang membuat kondisinya cukup drop hingga harus istirahat dan absen latihan. Disebutkan Herry, meskipun sekarang sudah mengikuti latihan seperti biasa, namun kondisi Angga masih sekitar 65-70 persen.
M Ahsan (kiri)/Hendra Setiawan berusaha mengejar bola saat laga melawan Baptise Careme/Ronan Labar(Perancis)di Total BWF World Championships 2015 di Jakarta, Rabu (12/8/2015). Hendra/Ahsan unggul 19-21, 21-17, 21-18. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Herry juga mengatakan bahwa pasangan lain pun peluangnya tetap terbuka untuk merebut tiket kedua ke olimpiade. Pasangan Berry Angriawan/Rian Agung Saputro dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dinilai punya kans untuk membuat gebrakan.
 
“Saya rasa Rian/Berry dan Kevin/Marcus masih punya kesempatan untuk bisa maju ke olimpiade kalau performanya benar-benar luar biasa. Kami memang punya strategi khusus buat mereka supaya bisa mendampingi Ahsan/Hendra,” jelas Herry.
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Target Lain

Selain target dua tiket olimpiade, sektor ganda putra juga mengeker gelar di ajang All England dan siap menyumbang poin di ajang Piala Thomas. Performa pemain-pemain muda dinilai sudah ada peningkatan, mereka pun tak lagi bergantung pada Hendra/Ahsan.

Hal ini dibuktikan di Indonesian Masters 2015 dimana kekalahan Hendra/Ahsan digantikan dengan raihan gelar oleh Rian/Berry. Perubahan mungkin saja terjadi di sektor ganda putra usai Olimpiade Rio de Janeiro 2016.
 
“Kami punya plan A dan plan B, khususnya buat Hendra/Ahsan setelah olimpiade.. Ada kemungkinan Hendra/Ahsan dipisah dan mereka akan ‘mengangkat’ pemain muda. Kami akan melihat hasil di olimpiade dulu,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.