Sukses

Nasib Rio Haryanto ke F1 Ditentukan dalam 4 Hari

Pembalap asal Solo itu membutuhkan uang sebanyak 15 juta euro untuk tampil di F1 selama tahun 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 12 Januari silam, Direktur Manor Sport, A. Boulsien telah mengirim surat kepada PT Kiki Sport untuk membayar uang muka sebesar 3 juta euro agar Rio Haryanto agar bisa tampil di Formula 1. Rio juga diperbolehkan mengangsur bayaran untuk tampil di F1 sebanyak 3 kali.

Baca Juga

  • Keberadaan 'Messi Plastik Keresek' Masih Misterius
  • Pakaian Tak 'Berfungsi', Pegulat Wanita Pamer Tubuh Seksi
  • Kekurangan Dana, Nasib Rio Haryanto Berlaga di F1 Kritis

Pembalap asal Solo itu membutuhkan uang sebanyak 15 juta euro untuk tampil di F1 selama tahun 2016. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersedia membantu Rio untuk mengumpulkan dana.

Menpora Imam Nahrawi telah mengagendakan bakal melakukan penggalangan dana untuk Rio dengan mengundang beberapa pengusaha dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada Kamis (21/1/2016), Menpora sudah mengundang pihak-pihak terkait, tapi ditunda karena yang datang sedikit.

Hal itu membuat harapan Rio main di F1 memasuki babak krusial. Pasalnya, tenggat waktu yang diminta pihak Manor untuk membayar uang muka tinggal hitungan hari.

"Peluangnya tetap terbuka. Masih ada waktu empat hari lagi. Yang jelas kami harus bekerja keras, semoga kontribusi dari perusahaan tidak kecil. Ini mimpi kami. Ya, mudah-mudahan lancar," kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Sejauh ini, Rio baru mempunyai dana sebesar 5,2 juta euro. Demi menutupi kekurangannya, Kemenpora bakal mengajak Rio beserta tim untuk mencari dana secara door to door ke semua perusahaan di bawah BUMN.

"Jadi timnya Rio bakal melakukan pemaparan secara langsung dengan perusahaan milik BUMN atau BUMS. Kami tidak menargetkan berapa perusahaan yang didapat, tapi jumlah uangnya," ucap Gatot.

Pebalap Indonesia yang turun di ajang GP2 Series, Rio Haryanto saat mengunjungi SCTV Tower di bilangan Senayan, Jakarta, Jumat (31/7/2015). Senyum Rio Haryanto mengembang saat memamerkan piala. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini