Sukses

8 Rekor Buruk MU Bersama Van Gaal

Manchester United (MU) masih berada di posisi kelima klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-23.

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) masih berada di posisi kelima klasemen Liga Inggris hingga pekan ke-23. Namun fans Setan Merah tetap tidak puas dengan kinerja Louis van Gaal.

Maklum permainan negatif yang diterapkan manajer asal Belanda tersebut membuat fans bosan. Apalagi selama ini MU dikenal sebagai tim yang atraktif dan menyerang.

Baca Juga

  • Ternyata Messi Nyaris Gabung Klub Rival Saat Remaja
  • Terungkap, Harga Asli Striker Ringkih Chelsea
  • Surat Cinta Mourinho untuk MU Palsu?


Selama dua tahun van Gaal juga dinilai belum bisa memberikan peningkatan performa Wayne Rooney dan kawan-kawan. Padahal jumlah dana yang digelontorkan manajemen cukup besar untuk memenuhi permintaan van Gaal membeli pemain baru.

Lalu apa saja catatan buruk yang telah diraih van Gaal bersama MU. Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kalah dari Southampton di kandang sendiri selama dua musim beruntun.

Ya, kekalahan Setan Merah dari Soton Minggu malam (24/1/2016) merupakan ulangan kekalahan musim lalu di tempat yang sama. Kali terakhir MU kalah beruntun di Old Trafford melawan The Saints adalah pada tahun 1969.

2. Poin terendah sepanjang sejarah

MU hanya meraih 37 poin dari 23 laga musim ini. Catatan ini lebih buruk ketimbang David Moyes yang meraih 40 poin dengan laga yang sama.

Padahal, dua musim menangani MU, Van Gaal bisa dibilang cukup dimanja manajemen dengan gelontoran uang transfer. Sejumlah nama besar pun didatangkan.

Sayangnya, kehadiran Angel Di Maria, Radamel Falcao tak mampu mengangkat performa mereka. Alhasil, bintang-bintang ini pun dilepas lagi.

3 dari 5 halaman

3. Swansea menang laga kandang-tandang

Musim lalu MU menelan kekalahan dari The Swans baik di laga kandang maupun tandang. Ini merupakan pertama kalinya sepanjang sejarah klub.

Catatan ini tentu ibarat aib bagi klub sekelas MU. Pasalnya, Swansea boleh dibilang belum lama beredar di kasta elite Liga Premier Inggris.


4. 8 laga tak pernah menang

Catatan buruk ini terjadi pada musim 2015/16. Diawali hasil imbang melawan PSV di Liga Champions dan diakhiri dengan laga lawan Stoke City di Liga Inggris pada Boxing Day.

Terakhir kali MU merasakan hal itu adalah pada tahun 1989 di bawah Alex Ferguson. Ketika itu, MU menutup musim di posisi ke-11. Arsenal juaranya.

4 dari 5 halaman

5. Kekalahan perdana di Boxing Day sejak 13 tahun terakhir

MU kalah 0-2 dari Stoke City pada 26 Desember 2016. Terakhir kali mereka kalah di Boxing Day adalah pada tahun 2002 ketika takluk 1-3 dari Middlesbrough.

Ketika itu, MU menutup musim di posisi ketiga. Nilai mereka, 77, terpaut 10 poin dengan Arsenal yang jadi juara.

6. Kalah dari Norwich di kandang sendiri

MU mengulangi kejadian buruk tahun 1989. Mereka takluk dari Norwich di Old Trafford dengan skor 1-2 pada 19 Desember 2015 lalu.

Kekalahan ini jelas sangat memalukan. Pasalnya, Norwich baru kembali promosi, musim ini.

5 dari 5 halaman

7. Kalah empat kali secara beruntun

Kekalahan dari Stoke pada Desember lalu merupakan yang keempat secara beruntun bagi MU. Terakhir kali mereka mengalami hal itu pada Oktober hingga November 1961.

8. 6 kemenangan dalam tiga bulan

MU hanya meraih enam kemenangan dari 19 laga di semua kompetisi. Selain itu mereka juga gagal mencetak gol dalam 10 dari 34 laga musim 2015/16.

Dengan catatan seperti ini, wajarlah jika kredibilitas Van Gaal dipertanyakan. Belakangan, isu pemecatannya kembali mencuat. Ryan Giggs disebut-sebut siap menggantikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Louis van Gaal

Video Terkini