Sukses

Resmi: FIFA Rilis 5 Kandidat Presiden

Ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman dan Sekjen UEFA Gianni Infantino dipandang sebagai kandidat kuat.

Liputan6.com, Zurich - Lima kandidat untuk mengambil alih jabatan presiden FIFA milik Sepp Blatter akhirnya diumumkan. Federasi sepak bola internasional tersebut mengirimkan nama para calon orang nomor satu itu kepada 209 asosiasi anggotanya pada Selasa (26/1/2016) ini.

Baca Juga

  • Sir Alex Ferguson Masuk Rencana Kandidat Presiden FIFA
  • 'Si Gundul' Siapkan Rp 7,5 M untuk Jadi Presiden FIFA
  • FIFA Harus 'Larang' Trio MSN

Lima kandidat tersebut adalah Pangeran Ali bin al Hussein, Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, Gianni Infantino, Tokyo Sexwale, dan Jerome Champagne. Mereka akan dipilih pemegang suara sah (voters) pada 26 Februari nanti di Zurich, Swiss.

"Komite Pemilihan Ad-Hoc secara resmi mengakui dan menyatakan para calon yang memenuhi syarat untuk pemilihan presiden FIFA pada Kongres Luar Biasa FIFA," rilis FIFA seperti dilansir Yahoo Sports dari AFP.

FIFA tengah menghadapi tekanan besar sejak otoritas Amerika Serikat dan Swiss menyelidiki kasus penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Blatter. Saat ini, pria yang sudah menjabat sebagai presiden FIFA sejak 1998 tersebut diganjar larangan beraktivitas di lingkungan sepak bola selama delapan tahun.

Sheikh Salman, Ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan Infantino, Sekretaris Jenderal UEFA, dipandang sebagai kandidat  kuat. Tapi, banyak pengamat mengatakan kejutan masih mungkin terjadi pada Februari nanti.

Sejak nama baik FIFA tercoreng kasus suap, semua pihak berkonsentrasi untuk membersihkan sepak bola, termasuk Indonesia. PSSI akan datang pada Kongres Luar Biasa sebagai pemegang suara yang tengah disanksi karena tak mampu menghindari intervensi pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.