Sukses

Dorna Sudah Tahu MotoGP Indonesia Tidak Digelar di Sentul

Pengambilalihan ini juga sudah diketahui oleh promotor MotoGP, Dorna Sport SL.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengambil alih proyek MotoGP 2017 hingga 2019 yang awalnya dipegang oleh pihak Sirkuit Internasional Sentul.

Baca Juga

  • Inilah 5 Raja Hattrick Liga Inggris
  • Putus dari Ronaldo, Irina Makin Berani Foto Bugil
  • 2 Penyebab Bale Mustahil Gabung MU

"Ya, pemerintah ambil alih proyek MotoGP. Lihat saja perkembangannya nanti, MotoGP 2017 tetap on schedule," imbuh Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, Rabu (27/1/2016).

Dengan demikian, Sirkuit Internasional Sentul sudah bukan lagi tempat gelaran MotoGP Indonesia. Pengambilalihan ini juga sudah diketahui oleh promotor MotoGP, Dorna Sport SL.

"Deadline yang sudah ditetapkan pada 30 Januari tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena Dorna memperpanjang. Kami sudah komunikasi dengan mereka."

"Ini adalah mandat Presiden yang mengatakan gelaran MotoGP harus ditinjau ulang, bukan berarti dibatalkan. MotoGP tetap jalan, tapi tidak di Sentul. Dorna sudah tahu tidak di Sentul," Gatot menambahkan.

Sentul dibatalkan karena biaya renovasi yang mahal. Pemerintah memutuskan tidak akan menggunakan dana APBN untuk proses renovasi dan perbaikan infrastruktur, karena sulit melakukan model bisnis yang melibatkan APBN ke pihak swasta murni.

Sejauh ini ada dua opsi pengganti Sirkuit Sentul. Yang pertama dan paling kuat adalah sirkuit di Palembang karena sudah memenuhi persyaratan, yanki Badan Milik Negara. Yang kedua membuat sirkuit baru di daerah Jawa Barat.
Juara Dunia MotoGP 2013 dan 2014, Marc Marquez melakukan burn out di Sirkuit Sentul, Bogor, (21/10/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini