Sukses

Menpora Sambut Baik Eksodus Pemain Indonesia ke Luar Negeri

Jika sanksi FIFA untuk Indonesia dicabut, Menpora tak sarankan para pemain itu kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola muda Indonesia, Evan Dimas Darmono, akan meninggalkan tanah air untuk menimba ilmu di klub Segunda La Liga Spanyol, Espanyol. Selama empat bulan dia mendapatkan program latihan yang sama dengan pemain lain di Espanyol B.

Sebelum bertolak ke Spanyol malam ini WIB dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Evan sempat menemui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Evan bertemu Menpora ditemani ibunya, Ana Darmono, sahabat kecilnya, Puguh Pangestu, serta sang agen, Arif Wicaksono.

Baca Juga

  • Rossi Pamer Helm Unik di Sirkuit Sepang
  • 7 Fakta Menarik Guardiola Gabung Manchester City
  • Rooney 'Racuni' Skuat MU dengan Musik Radiohead

Seperti yang diketahui, sejumlah pemain Indonesia memilih berkarier di luar negeri usai kompetisi Liga Indonesia tak digulirkan. Sebut saja, Abdul Rahman dan Okto Maniani yang mengadu nasib di Timor Leste. Lalu,  Dedi Kusnandar yang bermain di kompetisi sepak bola Malaysia.

"Mereka bukan lari. Ke depan saya malah berpikir kita bisa mengirim sebanyak-banyaknya pemain ke luar negeri," kata Menpora Imam usai jumpa pers kedatangan Evan.

"Enggak disuruh balik lagi kalau sanksi FIFA dicabut. Kita masih punya banyak stok. Bahkan kita ke depan harus percaya diri anak-anak Indonesia lebih baik dari yang lain," tutur Imam menambahkan.

Arif Wicaksono dalam kesempatan yang sama mengatakan, undangan Evan merumput di Spanyol sudah datang sejak November silam. Selain itu, La Liga juga tidak mempermasalahkan status sanksi Indonesia oleh FIFA.

"Enggak ada hubungan dengan sanksi. Kita juga optimis karena banyak pemain Indonesia di luar negeri. Espanyol tahu kok kalau Indonesia disanksi FIFA," kata Arif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.