Sukses

Ibu Rio Haryanto: Yang Penting Sudah Maksimal

Saat ini, tim Manor Racing yang jadi harapan Rio Haryanto masih belum memutuskan nasib pembalap berusia 23 tahun tersebut untuk balap di F1.

Liputan6.com, Jakarta- Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati mengungkapkan, Rio hanya bisa menerima nasib andai dia gagal balapan di Formula 1 (F1). Indah mengungkapkan, Rio sudah berusaha maksimal agar bisa memenuhi impian tersebut.

"Kecewa itu pasti. Tapi ya sudah. Yang penting sudah maksimal berbuat bagi negara," ujar Indah saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (6/2/2016) sore.

Baca Juga

  • Merasa Bersalah, Hazard Kirim Pesan Maaf untuk Mourinho
  • Insiden Rossi-Marquez Paksa Dorna Tak Ikut Komite Baru MotoGP
  • Mascherano Isyaratkan Tinggalkan Barca

Saat ini, tim Manor Racing yang jadi harapan Rio masih belum memutuskan nasib pembalap berusia 23 tahun tersebut. Semula, nasib Rio akan diumumkan, Jumat (5/2/2016) kemarin. Namun Manor menunda pengumuman itu hingga pekan depan.

Rio sebelumnya berpeluang tampil di F1 bersama Manor. Syaratnya, Rio harus bisa memenuhi biaya yang diminta yakni 15 juta euro. Tapi dalam negosiasi, Manor akhirnya menyetujui, Rio bisa bergabung asalkan membayar uang muka 3 juta euro.

Demi memenuhi biaya itu, Rio Haryanto pun meminta bantuan sejumlah pihak antara lain Pertamina dan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Sayangnya, hingga tenggat waktu yang telah ditentukan yakni kemarin, uang 15 juta euro belum juga terkumpul.

Rio sebenarnya sudah memiliki dana sebanyak 5,2 juta euro dari Pertamina dan 3,7 juta euro dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Namun, uang tersebut belum bisa dicairkan karena proses birokrasi.

Indah menambahkan, andai gagal, akan sangat sulit bagi Rio Haryanto untuk menembus Formula 1. Itu lantaran tempat kosong di tim-tim F1 tidak otomatis tersedia di setiap musim. "Belum tentu ada lagi tahun depan. Istilahnya now or never," kata Indah.

Rio Haryanto didukung Kemenpora tampil di F1 (Johan Tallo Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini