Sukses

Cara Pemain Timnas U-23 Rayakan Imlek di Batam

Tradisi perayaan Imlek juga dipertahankan keluarga besar mantan striker Bali United, Sutanto Tan.

Liputan6.com, Batam - Pergantian tahun baru Cina atau Imlek tengah diperingati oleh seluruh masyarakat Tionghoa, Senin (8/2/2016). Tradisi perayaan hari besar ini juga dipertahankan keluarga besar mantan striker Bali United, Sutanto Tan.

Baca Juga

  • Meraba Peruntungan Messi di Tahun Monyet Api
  • Bintang ManCity Bakal Jadi Tetangga Berisik Ferguson
  • Model Cantik Ini Tergila-gila kepada Barcelona

Sutanto, yang akrab di sapa Along ini mengevaluasi perjalanan kariernya setahun belakangan. Salah satunya ketika dia mulai dikenal saat dipanggil untuk seleksi Timnas U-23 menuju SEA Games 2015 di Singapura.

Penyerang bertinggi badang 179 cm itu pernah menimba ilmu di Singapura bersama Geylang United. Namun karena alasan akademis, Tanto terpaksa kembali ke Indonesia. Musim ini dia baru saja menyelesaikan turnamen Piala Jenderal Sudirman bersama Bali United.

"Sekarang saya lagi di Batam. Nanti setelah Imlek kita lihat ke depannya (karier) bagaimana," tutur Along kepada Liputan6.com.

Along bukan pilihan utama di lini depan Bali United, yang dilatih Indra Sjafri. Tapi kemunculannya di panggung sepak bola Indonesia meneruskan jejak Juan Revi Auriqto, Kim Kurniawan, dan Arthur Irawan, pemain etnis Tionghoa yang pernah dipanggil timnas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Sutanto Tan

Along bercerita, dia punya tradisi khusus dalam merayakan imlek bersama keluarga besarnya di Batam, Kepulauan Riau. Selain mengadakan jamuan makan di malam pergantian tahun, pemain 21 tahun tersebut mengatakan punya menu khas Imlek yang tersaji di meja makannya.

"Ini tradisi reunion dinner, namanya kalau tidak salah Tuan Yuan Fan (makan bersama beluarga). Menunya steam boat," kata anak bungsu dari empat bersaudara ini lagi.

Seperti yang diunggah Along dalam akun Instagram-nya, steam boat hanya berisikan aneka daging dan sayuran yang direbus sesaat sebelum disantap. Cara penyajiannya mirip shabu-shabu (masakan Jepang). Foto makanan Imlek khas keluarga Tan itu tampak dikomentari kiper Bali United Yoo Jae Hoon.

"Pagi-pagi saya sembahyang ke Vihara, lalu keliling ke rumah saudara-saudara. Saya belum nikah, jadi kejar setoran minta ang pao nanti hehehe," katanya.

"Doa saya di tahun baru ini, semoga keluarga saya sehat selalu, karier saya berjalan mulus, dan Indonesia maju selalu," kata Along mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini