Sukses

Kontrak Gagal De Gea di Madrid Bocor ke Publik

Sesuai spekulasi yang berkembang, MU sepakat melepas De Gea ke Madrid

Liputan6.com, Manchester - Kontrak David De Gea ke Real Madrid dari Manchester United (MU) terbongkar. Adalah Football Leaks yang memposting salinan kontrak kiper asal Spanyol itu ke dunia maya.

Sesuai spekulasi yang berkembang, MU sudah sepakat melepas De Gea. Bahkan, De Gea dan Madrid sudah sepakat soal gaji.Madrid setuju menggaji DeGea 11,8 jutaeuro (9,1 juta poundsterling) atau sekitar Rp 178 miliar per tahun. Kesepakatan itu berlaku hingga 30 juni 2021.

MU mempertahankan De Gea sekuat tenaga dari godaan Madrid. Namun, baru mendekati bursa transfer musim panas 2015-16, The Red Devils melunak dan mau melepaskan sang kiper. 

Di Madrid, De Gea juga mendapatkan gaji per pekan sekitar 175 ribu poundsterling (Rp 3,4 miliar) ditambah bonus. Mantan kiper Atletico Madrid ini juga menandatangani pra kontrak dengan nominal 10,9 juta euro (Rp 166 miliar). Total, dari seluruh kesepakatan tersebut, De Gea mengantongi lebih dari 66 juta poundsterling (Rp 1,2 triliun).

Baca Juga

  • Lampu Hijau Sturridge dari Klopp Tampil Kontra West Ham
  • Leicester City Puncaki Klasemen, Vardy Terus Cubit Diri Sendiri
  • Menpora Mangkir Pertemuan dengan Komite Ad Hoc PSSI

Namun rencana transfer kiper 25 tahun itu berantakan. De Gea batal pindah gara-gara Madrid dan MU telat menyerahkan dokumen tranesfer setelah deadline ditutup. Spekulasi yang berkembang menyatakan, dokumen eletronik yang diberikan Madrid ke Federasi sepak bola Spanyol RFEF tidak bisa diunduh.

Kontrak gagal David de Gea ke Real Madrid

Madrid dan MU berkeras kalau dokumen yang dibutuhkan untuk kepindahan De Gea telah dikirim tepat waktu. Media Spanyol, Cadena Ser melaporkan, Madrid memiliki bukti bila transfer De Gea telah rampung semenit sebelum batas akhir penutupan bursa transfer musim panas. Madrid menegaskan, dokumen itu telah selesai bukan satu menit setelah transfer ditutup.

Hal ini menimbulkan kerugian bagi De Gea. Dia harus menunggu hingga Januari untuk pindah ke Madrid. Celakanya, ketika itu manajer MU Louis Van Gaal sudah tidak memainkan De Gea selama 6 bulan. Van Gaal merasa hati De Gea sudah tidak bersama tim lagi.

Terlepas dari masalah tersebut, toh De Gea kembali berhasil merebut hati manajer, Louis Van Gaal. Terbukti, musim ini di ajang Premier League, sang pemain telah tampil di 21 pertandingan. 

"Saya sangat bahagia di sini. Saya menikmati setiap menit di sini. Saya percaya tim ini," ujar De Gea, usai MU mengalahkan Liverpool 1-0, Minggu (17/1/2016). "Saya berlatih setiap hari untuk jadi kiper terbaik dunia. Itu ambisi saya sekarang."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini