Sukses

Jelang ISC, PT Liga Gelar Rapat dengan Peserta Soal Kuota Pemain

Sekretaris PT Liga, Tigorshalom Boboy menjelaskan, sebuah klub hanya boleh menggunakan tiga pemain asing.

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia bakal mengadakan rapat dengan tim-tim peserta jelang Indonesia Super Competition (ISC) yang rencananya bergulir pertengahan Maret 2016. Agenda utama rapat itu membahas kuota pemain. 

Sekretaris PT Liga, Tigorshalom Boboy menjelaskan, sebuah klub hanya boleh menggunakan tiga pemain asing. Namun, tim tidak bisa memainkan pemain asing yang baru sekali bermain di Indonesia karena PSSI tidak bisa menerima dokumen International Transfer Certificate (ITC) selama masih disanksi FIFA.

"Untuk ISC akan ada pemain asing, tapi untuk pemain asing yang baru tidak bisa karena terbentur ITC. Jumlah pemain asing yang bakal dipakai sama seperti musim sebelumnya, tiga," ucapnya. 

Baca Juga

  • Sentuhan Ajaib Taipan Asia di Klub Liga Inggris
  • Wasit Final Piala Dunia 2014 Pimpin Duel Juventus Vs Napoli?
  • Evan Dimas Jadi Saksi Espanyol Dibantai 0-5

Mengenai jumlah pemain, PT Liga menentukan setiap tim berkomposisi 25-30 pemain. Pemangkasan pemain terkait dengan regulasi budgeting cap (pembatasan anggaran). Soal pemain muda, PT Liga Indonesia ingin setiap tim mencantumkan lima nama pemain dari Tim U-21 di tim inti. 

"Kami rencananya ingin mengurangi jumlah pemain. Ini terkait dengan budgeting cap. Musim lalu  30 pemain, kami ingin memangkasnya menjadi 25 orang," ucap Tigorshalom.

"Tapi dalam sebuah tim dengan 25 pemain, kami ingin menentukan peraturan mengenai adanya 4 hingga 5 pemain muda dalam skuat. Tapi kalau mereka ingin memakai 30 pemain juga bisa, asalkan pemain ke-26 hingga 30 harus pemain U-21," kata Tigor.

Hanya saja, PT Liga belum memberikan pasti mengenai waktu pertemuan."Rapat PT Liga Indonesia dengan klub peserta ISC rencananya dilakukan sekitar tanggal 20-an Februari. Tempatnya masih tentatif, tapi di Jakarta," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini