Sukses

Kisah Klenik Leicester dan Penemuan Tulang Belulang Raja Inggris

Kematian dan makam hilang seorang Raja Inggris dihubung-hubungkan dengan performa menjanjikan Jamie Vardy Cs. Benarkah?

Liputan6.com, Leicester - Cerita klenik mengiringi kisah sukses Leicester City musim 2015/16. The Foxes kini menempati peringkat pertama klasemen Premier League dengan 53 poin. Kematian dan makam hilang seorang Raja Inggris dihubung-hubungkan dengan performa menjanjikan Jamie Vardy Cs. Benarkah?

Tim arkeolog dari Inggris, berhasil menemukan tulang belulang Raja Richard ke III pada September 2012. Jasad yang terkubur selama 527 tahun ini ditemukan di kawasan parkiran wilayah East Midlands City. Lokasi penemuan pusara kuno itu terletak tidak jauh dari markas Leicester City, King Power Stadium.

Raja Richard III

Raja Richard III berkuasa di Inggris selama dua tahun, mulai 1483 hingga kematiannya pada 1485. Dia tewas di Perang Bosworth. Dia Raja terakhir dari klan York dan terakhir dari klan Plantagenet. Kekalahannya pada pertempuran Bosworth sekaligus mengakhiri Perang Mawar yang menandai akhir abad pertengahan Inggris. 

Baca Juga

  • Satu Kursi Manor Racing di Formula 1 Milik Pascal Wehrlein
  • Berkat Jurnalis Ini, Keberadaan Messi 'Kantong Keresek' Ditemukan
  • Menpora dan Komite Ad Hoc Reformasi PSSI Satu Suara

Sebelum penemuan bersejarah itu, Leicester kesulitan bersaing menembus kasta tertinggi. Leicester masih berkutat di Divisi Championship. Statistik kemenangan Leicester hanya 32 persen. Namun sejak lokasi Raja Richard III ditemukan dan tim arkeolog menggali makam, kemenangan Leicester meningkat menjadi 63 persen.

Sejauh ini belum ada tim yang mampu menyamai raihan Leicester pada 2015/16. Dalam periode yang sama, pesaing Leicester dalam perburuan gelar Liga Inggris Manchester City, hanya memiliki rata -rata kemenangan sebesar 60 persen, Arsenal 55 persen, dan Tottenham Hotspur 45 persen.

Dari klasemen Premier League, diketahui tim yang identik dengan warna biru ini mengantongi 15 kemenagan, disusul Arsenal dan Manchester City yang sama-sama menorehkan 14 kemenangan hingga pekan ke-25. Jarak poin Leicester dengan tim posisi kedua, Tottenham cukup jauh, yaitu 5 poin.

Tulang Belulang Raja Richard III

Para arkeolog dari Universitas Leicester menggunakan metode DNA acak dan penanggalan karbon untuk membuktikan, tulang belulang itu berasal dari tubuh Raja Richard III yang terbunuh dalam perang. Menariknya, selama penelitan, rata-rata kemenangan Leicester merosot drastis, sebesar 14 persen. Para peneliti kemudian mengumumkan hasil penemuan, memang benar tulang belulang tersebut berasal dari jasad Raja Richard III. Demikian laporan yang dilansir dari The Sun.

Setelah penelitian selesai, tulang belulang itu kemudian dibawa ke Katedral Leicester Maret 2014 untuk kemudian dikuburkan kembali secara layak. Setelah itu, The Foxes yang sebelumnya hanya mampu bermain dua kali imbang dan menelan 6 kekalahan, tampil garang dengan memenangkan 7 pertandingan di bawah kendali manajer Nigel Pearson. Leicester lolos dari degradasi musim 2014-15.

Ya, sejak Raja Richard III dimakamkan secara wajar, Leicester mampu memetik 20 dari 32 pertandingan selama 2015 hingga kini. Leicester kini menjelma menjadi salah satu tim yang diperhitungkan merebut mahkota Premier League.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini