Sukses

Rekor Enrique, Modal Barcelona Lakoni Final di Santiago Bernabeu?

Resmi sudah, Luis Enrique mematahkan rekor yang diciptakan pendahulunya, Josep Guardiola pada September 2011 lalu.

Liputan6.com, Barcelona - Resmi sudah, Luis Enrique mematahkan rekor yang diciptakan pendahulunya, Josep Guardiola pada September 2011 lalu. Enrique mampu mengantarkan Barcelona tidak terkalahkan dalam 29 pertandingan beruntun.

Enrique kini bertengger di urutan teratas sebagai pelatih yang mampu menorehkan catatan tanpa kekalahan beruntun terbanyak. Selain mengalahkan Guardiola, Mantan pelatih AS Roma ini juga melompati pelatih legedaris Barcelona lainnya seperti Rinus Michels dan Frank Rijkaard.

Rekor tersebut tercipta ketika Barcelona bermain imbang  1-1 dengan Valencia di leg 2 semifinal Copa del Rey, Rabu (10/2/2016) atau Kamis dinihari WIB. Meski bermain imbang, Barcelona dipastikan tetap melangkah ke partai puncak Piala Raja dengan agregat 8-1.

Valencia ketika melawan Barcelona

Selama 130 hari tanpa kekalahan, Barcelona mencetak 87 gol dan hanya kebobolan 15 gol. Luis Suarez sejauh ini masih menjadi topskor selama 4 bulan. Torehan gol Suarez diikuti Lionel Messi yang melesakkan 18 gol. 

Baca Juga

  • Main Imbang, Barcelona Lolos ke Final Copa del Rey
  • Ancelotti Baru Mau Tangani Italia di Piala Dunia 2030
  • Agum Berharap Presiden Terima Masukan Komite Ad Hoc PSSI

Terlepas dari rekor baru Enrique, pemain Barcelona, Ivan Rakitic berharap Barcelona bisa tampil di Santiago Bernabeu ketika melakoni final Piala Raja. Azulgrana kini menunggu pemenang duel Sevilla melawan Celta Vigo pada Jumat dinihari WIB nanti.

"Kami ingin bermain di stadion terbesar di Spanyol," kata Rakitic sebagaimana dikutip dari Football Espana. Sejauh ini, Federasi sepak bola Spanyol belum memberikan kepastian venue laga pamungkas.

Menurut mantan pemain Sevilla ini, hasil imbang 1-1 ini cukup positif. Mengingat El Barca turun tanpa kekuatan terbaik. Ya, trio Luis Suarez, Neymar, dan Lionel Messi diparkir Enrique. Bahkan Andres Iniesta tidak ada dalam skuat. Keputusan bermain tanpa pemain pilar diambil setelah Barcelona mampu memetik kemenangan besar tujuh gol tanpa balas di leg pertama. 

Barcelona lolos ke final Copa del Rey

"Kami mampu bangkit dari kondisi tertinggal. Meskipun meraih 29 laga tanpa kekalahan bukan tujuan utama, kami selalu berusa mengubah statistik ini menjadi trofi juara," lanjut pemain asal Kroasia ini.

"Di final, kami ingin bermain di stadion terbesar sehingga bisa menampung lebih banyak fans kami."

Deretan pemain muda dari Tim Akademi, di mata Rakitic pun mulai menunjukkan hasil positif. Menurut pemain 27 tahun ini, memberikan kesempatan bermain untuk pemain muda sangat penting. Menghadapi Valencia, Enrique mencantumkan nama pilar muda seperti Sandro Ramirez, Wilfrid Kaptoum, dan Sandro. "Dan apa yang kami coba berjalan dengan baik."

Berikut pelatih Barcelona dengan rekor tidak terkalahkan beruntun terbanyak

Luis Enrique 29
Josep Guardiola 28
Rinus Michels 27
Frank Rijkaard 24
Tito Vilanova 21

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini