Sukses

Dana Terbatas, Rio Haryanto Sulit Ikuti Seluruh Seri F1

Kepastian Rio Haryanto ke F1 akan ditentukan dalam lima hari ke depan, atau lebih tepatnya pada Selasa (16/2/2016).

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Indonesia Rio Haryanto sudah bertemu dengan Managing Director of Manor Racing, Abdulla Boulsien, di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kamis siang WIB (11/2/2016). Pertemuan tersebut juga diikuti oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Di pertemuan tersebut, Manor sangat berharap Rio menjadi pembalap utama. "Manor melihat Rio sangat pantas berlaga di Formula 1. Kami sepakat Rio Haryanto harus didukung. Hingga saat ini masih kami perjuangkan," ucap Imam.

Baca Juga

  • Cetak 600 Gol, Remaja Ajaib Brasil Jadi Rebutan
  • Marquez Bikin Pernyataan Usai 'Diceraikan' Rossi
  • Calon Manajer MU, Apa Kehebatan Pochettino Dibanding Mourinho?

Imam juga menjelaskan perihal uang yang dimiliki Rio sebesar 5,2 juta euro dari Pertamina dan Rp 100 miliar dari Kemenpora melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Dalam hal ini, Manor sangat memahami keuangan Rio Haryanto.

"Manor paham kalau uang yang Rp 100 miliar sulit untuk dicairkan. Mereka juga memaklumi itu. Manor butuh Rio," ucap Imam.

Sementara itu, juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan Rio sudah hampir pasti bergabung dengan Manor Racing. Kepastian itu akan ditentukan dalam lima hari ke depan, atau lebih tepatnya pada Selasa (16/2/2016).

"Di pertemuan tadi, Manor tidak membicarakan soal uang sepeser pun. Dalam pertemuan semalam pun Abdulla mengatakan kalau tidak butuh Rio Haryanto, buat apa datang ke Indonesia. Manor juga tidak mengajukan perjanjian untuk Rio berlaga di F1," katanya.

"Hampir pasti bergabung. Nanti pada Selasa, Rio Haryanto akan diumumkan bakal balapan penuh atau tidak. Misalkan kita hanya bayar 5 juta euro, maka Rio hanya mengikuti sepertiga balapan dari 20 seri, kurang lebih 7 seri," ujar Gatot menegaskan.

Kesempatan pembalap Indonesia Rio Haryanto untuk tampil di Formula One (F1) semakin terbuka, usai pemerintah melakukan perjanjian kerja sama untuk memberikan dana kepada PT Kiky Sport. (sumber: dokumentasi Kemenpora)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini