Sukses

Legenda Inter Milan Pernah Pakai Dukun Demi Karier

Taribo West mengaku pernah menjalani ritual berbau klenik untuk mendukung kariernya.

Liputan6.com, Milan - Mantan pemain Inter Milan Taribo West membuat pengakuan mengejutkan. Pria yang dulu punya rambut warna-warni itu mengaku pernah menjalani ritual berbau klenik untuk mendukung kariernya.

Baca Juga

  • Model Seksi Italia Minta Dihamili Gelandang AC Milan Lagi
  • Top 3 Berita Bola: 4 Pesepak Bola Raksasa, Nasib Rio Haryanto
  • Dana Terbatas, Rio Haryanto Sulit Ikuti Seluruh Seri F1

Kini West sudah menjali seorang pastor. Pada 1997 sampai 2001, bek kiri ini terkenal sebagai salah satu pemain yang punya tekel horor kepada penyerang lawan. Dia juga populer karena gaya rambut 'sumbu kompor' yang tak pernah dimiliki pemain Serie A lagi sampai sekarang.

"Tentu saja saya terlibat (praktik sihir). Saya tidak tau mengapa orang-orang menolak untuk berbicara tentang keterlibatan mereka dengan jimat," tutur West seperti yang dilansir Gazzetta World, Kamis (11/2) malam.

Pria 41 tahun tersebut mengungkapkan kalau sejumlah ritual-ritual sihir dijalaninya sebagai pemain kala itu dan mengklaim praktik klenik masih diakui kalangan pemain dan pelatih.

"Sepak bola harus dilakukan dengan banyak kekuatan. Ketika ada ajang besar, Anda melihat stadion, melihat orang-orang, para pendukung memohon segala macam hal; penyihir (dukun) ada di sana, voodoo juga ada," katanya, menambahkan.



Legenda tim nasional Nigeria tersebut menjelaskan, kala itu dia masih awam dan percaya pada petuah dukun. West dibekali jimat dan meletakkannya di kamp latihan timnas. "Kadang-kadang bekerja, kadang tidak," kata West.

"Saya melihatnya, saya mengalaminya, saya dengan banyak pemain menggunakannya. Jadi, mengapa orang-orang menyangkal hal itu? Ada jimat dan ritual dalam sepak bola. Hal itu masih ada," kata Taribo West mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.