Sukses

3 Faktor Pendukung Mourinho Pantas Tangani MU

Jose Mourinho sejauh ini jadi kandidat kuat manajer baru Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta - Jose Mourinho sejauh ini jadi kandidat kuat manajer baru Manchester United. Bahkan, media-media Inggris memberitakan kalau pihak MU sudah sepakat dengan Mou perihal kontrak dan gaji.

Dari sisi fans, tak sedikit fans MU yang mendukung Mourinho untuk jadi manajer Wayne Rooney dan kawan-kawan. Mulai dari banner, syal hingga lagu-lagu yang menyebut nama Mourinho sudah terlihat dalam beberapa laga yang dilakoni Setan Merah -julukan MU.

Baca Juga

  • Sebagian Pemain MU Muak Lihat Van Gaal
  • Bek Madrid Bidikan Pertama Mourinho jika Resmi Latih MU
  • 5 Pembalap Top MotoGP yang Tak Pernah Juara Dunia

Lebih jauh, Mourinho juga mendapat dukungan dari para mantan pemainnya. Frank Lampard misalnya, legenda Chelsea ini yakin, Mourinho adalah sosok yang tepat bagi MU.

"Dia tentu dapat menangani klub seperti MU. Dan memang seperti itulah Mourinho," ujar Lampard di Mirror.

Di bawah ini, Liputan6.com menyajikan tiga hal yang membuat Mourinho, pantas menggantikan Louis van Gaal. Apa saja faktor-faktor tersebut? Berikut penjabarannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1

Jejak Rekam Bagus

Mourinho seorang manajer kelas dunia adalah fakta yang tidak bisa dibantah. Tengok saja rentetan trofi yang pernah diraih Mourinho di berbagai tim dan liga.

Faktor itulah yang membuat Mourinho pantas untuk menangani tim sebesar Manchester United. Satu catatan menarik dari jejak rekam Mourinho yaitu, dia tak pernah gagal mengantarkan tim yang dia latih menjadi juara Liga.

Sewaktu menangani FC Porto, Mourinho mempersembahkan 2 gelar juara Liga Portugal. Lalu saat pindah ke Chelsea, Mourinho total meraih 4 gelar juara Liga Inggris. Kemudian di Inter Milan di Liga Italia dan Real Madrid di Spanyol, Mourinho sukses memenangkan 2 gelar Liga Italia dan 1 gelar juara Liga Spanyol.

Melihat catatan tersebut, fans Manchester United pantas untuk optimistis, timnya bisa meraih juara Liga Inggris jika Mourinho adalah manajer Setan Merah. MU sendiri terakhir meraih gelar juara Liga pada musim 2012/13.

3 dari 4 halaman

2

Sudah Mengenal Karakter Tim-tim Inggris

Lima tahun menukangi Chelsea (2004-2007 dan 2013-2015) membuat Jose Mourinho mengenal karakter tim-tim di Liga Inggris. Tentu, proses adaptasi tidak perlu lagi dilakukan.

Alhasil, MU bisa langsung tancap gas sejak awal musim. Mourinho juga dapat lebih mudah dalam meracik strategi dan pemain yang akan dipasang untuk pertandingan.

Hal-hal itulah yang jadi keunggulan Mourinho. Apalagi, jika MU memilih manajer baru, yang belum pernah berkarier di Inggris.

Tengok saja saat MU memilih Louis van Gaal sebagai manajer. Van Gaal tidak langsung dapat membuat MU tancap gas sejak awal musim. Konsekuensinya, MU hanya mampu finis di tempat keempat.

4 dari 4 halaman

3

Dapat Menarik Pemain-pemain Bintang

Nama besar Jose Mourinho jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain bintang. Seorang Zlatan Ibrahimovic bahkan tak ragu untuk bersedia mati bagi Mourinho.

"Jose Mourinho adalah bintang besar. Mourinho adalah pria yang saya rela mati untuknya," tulis Ibrahimovic dalam buku biografinya, I Am Zlatan.

Besarnya daya tarik Mourinho dapat menjadi modal bagi MU untuk menarik pemain bintang bergabung. Sebagai contoh, bek bertalenta Real Madrid, Raphael Varane sudah disebut-sebut jadi incaran Mourinho.

Selain Varane, bintang-bintang yang pernah diasuh Mourinho di tim sebelumnya juga bisa saja diangkut antara lain Wesley Sneijder. Ya, pemain asal Belanda itu adalah pemain kesayangan Mourinho sewaktu menukangi Inter Milan.

Mourinho dan Rapahel Varane santer diberitakan bakal bereuni di MU / Ist

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris