Sukses

6 Perusahaan Indonesia Yang Bikin Klub Liga Inggris Makin Kaya

Daya jual dan popularitas tim-tim Liga Inggris membuat perusahaan Indonesia ini rela gelontorkan dana besar untuk jadi sponsor mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dipungkiri, tim-tim di Liga Inggris memiliki daya jual yang sangat tinggi. Hal itu lantaran status Liga Inggris sebagai salah satu atau mungkin liga yang paling populer di dunia.

Karena daya jual dan kepopulerannya itulah, banyak perusahaan yang berlomba menjadi sponsor tim-tim Liga Inggris. Tidak terkecuali perusahaan dari Indonesia.

Baca Juga

  • Dua Jalan Ini Bisa Dipakai Sirkuit Jalanan MotoGP Indonesia
  • 3 Faktor Pendukung Mourinho Pantas Tangani MU 
  • Eks Striker Real Madrid Pernah Kecanduan Seks

Perusahaan-perusahaan itu rela menggelontorkan dana besar demi jadi sponsor tim-tim Liga Inggris. Tentu, hal itu dilakukan bukan tanpa tujuan.

Dengan menjadi sponsor tim-tim Liga Inggris, para perusahaan itu bisa mengenalkan produknya ke seluruh dunia. Maklum saja, menurut situs resmi Liga Inggris, ada 4,7 miliar orang menonton Liga Inggris lewat televisi.

Di bawah ini, Liputan6.com merangkum beberapa perusahaan Indonesia yang menjadi sponsor tim-tim di Liga Inggris. Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Garuda Indonesia

1 Garuda Indonesia (Liverpool)

Maskapai Indonesia, Garuda memulai kontraknya sebagai sponsor Liverpool pada awal 2014 lalu. Peluncuran kostum latihan itu dilakukan di Jakarta, Indonesia dengan mendatangkan sejumlah legenda Liverpool seperti, Dietmar Hamman.

Mengutip Indonesia-investments.com, kontrak Garuda dengan Liverpool senilai 9 juta dollar Amerika Serikat per tahun atau Rp 121 miliar. Kontrak tersebut akan habis, Juni 2016 tahun ini.

Dalam kesepakatan dengan pihak Liverpool, Garuda menyematkan logonya di pakaian latihan Jordan Henderson dan kawan-kawan mulai dari musim kompetisi 2014/15. Selain itu, logo Garuda juga akan muncul di papan sponsor di pinggir lapangan Stadion Anfield.

3 dari 6 halaman

Bank Muamalat

2. Bank Muamalat (Arsenal)

Pada Januari 2016, Bank Muamalat memulai kerjasama dengan juara 13 kali Liga Inggris, Arsenal. Dalam rilisnya, Bank Muamalat memilih Arsenal lantaran klub berjuluk Meriam London itu memilik basis suporter yang besar di Indonesia.

Saat ini pendukung Arsenal yang tergabung dalam Arsenal Indonesia Supporter Club (AIS) sudah mencapai 14 ribu orang. Total pendukung Meriam London berjumlah sekitar 3 juta orang.

Kerjasama Bank Muamalat dan Arsenal akan berlangsung hingga Mei 2018. Buah dari kerjasama ini antara lain kartu debit co-branding Muamalat dengan Arsenal yang akan muncul pertengahan 2016 nanti.

Selain itu, nasabah Bank Muamalat juga akan memperoleh keuntungan seperti merchandise asli yang telah ditandangani pemain Arsenal. Puncaknya, Arsenal menyediakan kesempatan bagi nasabah terpilih untuk menonton langsung pertandingan mereka di Emirates Stadium.

4 dari 6 halaman

Bank BNI

3. Bank BNI (Chelsea)

Sebelum Bank Muamalat dan Garuda Indonesia, ada Bank Negara Indonesia (BNI) yang telah menjalin kerjasama dengan Chelsea. Kerjasama ini dimulai pada 2012 dan akan habis tahun ini.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Chelsea pun  sempat mampir ke Indonesia dan bertanding dengan ISL All Star pada Juli 2013 lalu. Dalam turnamen bertajuk BNI Cup itu, The Blues menggulung ISL All Star dengan skor telak 8-1.

Selain kunjungan, kerjasama ini juga membuat situs resmi Chelsea dapat diakses dalam Bahasa Indonesia.

5 dari 6 halaman

Bank Danamon dan Achilles

4. Bank Danamon dan Achilles (Manchester United)

Manchester United sebagai pengoleksi gelar juara Liga Inggris terbanyak (20 kali) tentu tak ketinggalan disponsori perusahaan Indonesia. Setidaknya ada dua perusahaan Tanah Air yang ikut mensponsori Setan Merah: Bank Danamon dan Achilles Radial.

Bank Danamon mengikat kerjasama dengan MU sejak 2006. Mulai saat itu, ada 170 nasabah yang telah diberangkatkan ke Manchester untuk menonton langsung pertandingan Setan Merah.

Pada 2013, MU kembali mendapat sokongan dari perusahaan Indonesia lainnya. Adalah produk ban Achilles-Corsa yang jadi sponsor regional Setan Merah. Kerjasama ini berdurasi 3,5 tahun.

"Pihak Manchester United mengatakan, ada kesamaan karakteristik antara mereka dengan produk kami yaitu Achilles dan Corsa. Merek-merek ini dianggap memiliki semangat muda dan menjadi simbol kepercayaan," kata Pieter Tanuri, Presiden Direktur PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA), perusahaan yang mengeluarkan produk Achilles-Corsa.

6 dari 6 halaman

Jiwasraya

5. Jiwasraya (Manchester City)

Jiwasraya tidak mau ketinggalan. Perusahaan asuransi ini mensponsori rival sekota MU, Manchester City mulai 2014 lalu.

Dengan kerjasama ini, Jiwasraya akan jadi partner resmi asuransi City di Indonesia. Selain itu, Jiwasraya juga berhak menggunakan para pemain The Citizens dalam iklan komersial mereka di televisi.

Seperti lazimnya kerjasama lain, para pengguna produk Jiwasraya terpilih dapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan para pemain City. Para pengguna juga dapat menyaksikan langsung pertandingan tim asuhan Manuel Pellegrini tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Manchester City sukses mengganggu dominasi Manchester United dalam beberapa musim belakangan karena akusisi yang dilakukan oleh Sheikh Manso
    Manchester City menjadi salah satu klub elite Liga Inggris dalam 1 dekade terakhir

    Manchester City

Video Terkini