Sukses

5 Fakta Unik Cristiano Ronaldo yang Tak Banyak Orang Tahu

Ronaldo ternyata pernah menjalani operasi jantung saat remaja.

Liputan6.com, Madrid - Penggemar sepak bola mana yang tidak mengenal Cristiano Ronaldo. Namanya mulai menjulang saat direkrut Manchester United (MU) dari Sporting Lisbon pada tahun 2003.

Kini, bersama Real Madrid,Ronaldo telah menjulang sebagai salah satu pemain terbaik, sekaligus terukses di dunia. Dia juga masuk dalam daftar salah satu atlet terkaya dunia.

Baca Juga

  • 5 Fakta Menarik Usai Juventus Bungkam Napoli
  • Rayakan Valentine, Klub Belanda Ganti Maskot dengan Model Seksi
  • Cuplikan MU Keok di Markas Sunderland

Berbagai gelar dan rekor telah dia torehkan bersama MU dan Madrid. Mulai gelar dan piala domestik, hingga kelas regional seperti Liga Champions, misalnya. Sementara untuk pencapaian tertinggi pribadi, Ronaldo pernah tiga kali didaulat sebagai Pemain Terbaik Dunia dengan penghargaan Ballon d'Or.

Tak hanya itu, kiprahnya di luar lapangan juga kerap menjadi sorotan. Mulai gaya hidupnya yang glamor, mobil-mobil mewahnya, hingga hubungan asmaranya dengan beberapa selebritas papan atas dunia.

Namun, tentu ada beberapa sisi menarik yang mungkin sering luput dari liputan media. Seperti diungkap Sportzwiki, berikut lima fakta unik Ronaldo yang mungkin tidak banyak diketahui orang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tentang Nama Ronaldo

Tentang Nama Ronaldo
Banyak yang beranggapan nama Ronaldo diambil dari nama mantan penyerang bintang Brasil, Ronaldo Luiz da Lima. Anggapan ini benar-benar salah.

Pasalnya, nama Ronaldo (Brasil) baru menjulang saat dia bergabung dengan PSV Eindhoven dari klub Brasil, Cruzeiro pada 1994. Sementara Ronaldo sudah lahir pada 1985 di Madeira, Portugal.

Ayah Ronaldo, Jose Dinis Aveiro, sebenarnya mengambil nama Ronaldo dari nama mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Ronald Reagan. Namun, menariknya sang ayah justru mengenal Ronald Reagan sebagai aktor, bukan presiden AS. Sebelum jadi presiden Reagan memang sempat merintis karier sebagai bintang Hollywood.

Sang ayah sendiri meninggal pada usia 52 tahun karena ketergantungan alkohol. Itu sebabnya, Ronaldo tak pernah mau menyentuh alkohol, karena akan mengingatkan dia kepada sang ayah.

3 dari 6 halaman

Sisi Dermawan

Sisi Dermawan
Ronaldo mendapat kontrak dan gaji dengan nilai yang luar biasa dari Real Madrid. Ini membuat pemain kelahiran 5 Februari ini menjadi salah satu pemain paling kaya di dunia.

Namun, tidak banyak yang tahu sisi dermawan Ronaldo.Orang umumnya hanya melihat gaya hidup glamor Ronaldo layaknya bintang-bintang sepak bola dunia lainnya.

Padahal, sudah lama Ronaldo aktif di berbagai kegiatan sosial. Ronaldo, misalnya, pernah membiayai perawatan seorang penggemar ciliknya berusia sembilan tahun yang menderita kanker.

Ronaldo juga rutin mendonorkan darahnya. Karena alasan ini pula Ronaldo tak pernah mau menghiasi tubuhnya dengan tato, seperti kebanyakan bintang-bintang dunia.

4 dari 6 halaman

Penggemar Olah Otot

Penggemar Olah Otot

Sejak remaja, Ronaldo memang sudah peduli dengan kebugaran tubuhnya. Dia juga rutin berlatih di gym untuk membuat otot-ototnya di tubuhnya semakin tampak.

Ronaldo bahkan pernah sukses menurunkan berat badannya mencapai 23,055 kg dalam sebuah rangkaian latihan di gym. Dia juga rutin melakukan sit-up mencapai ratusan kali setiap pagi.

Saat ini, dikabarkan kandungan lemak di dalam tubuh Ronaldo hanya 10 persen. Jumlah ini lebih baik dibanding standar peragawan-peragawan di atas catwalk yang mensyaratkan lemak di tubuh mereka hanya 13,8 persen lemak.

Kini, dengan tubuh yang dipenuhi otot-otot yang kuat Ronaldo tampak begitu kekar. Sulit bagi pemain lawan untuk menjatuhkannya saat berduel satu lawan satu.

5 dari 6 halaman

Masalah Jantung

Masalah Jantung

Tidak banyak yang tahu, Ronaldo remaja sempat memiliki masalah jantung. Masalah jantung tersebut baru diketahui saat Ronaldo menginjak usia 15 tahun.

Dokter sempat mendiagnonis masalah jantung yang dialami Ronaldo akan memengaruhi kariernya sebagai pesepak bola. Atas saran beberapa pihak, Ronaldo lalu menjalani operasi dengan bedah laser.

Operasi ini berjalan lancar dan sukses menyembuhkan masalah jantung yang dialaminya. Kini, jantung Ronaldo bisa berfungsi seperti orang-orang normal kebanyakan.

6 dari 6 halaman

Lompatan Tinggi

Lompatan Tinggi
Meski memiliki otot-otot yang kuat, tubuh Ronaldo sangat lentur saat bergerak. Begitu juga saat dia melompat melakukan tandukan.

Bahkan, menurut analisis data Castrol, lompatan Ronaldo bisa lima kali lebih tinggi dari lompatan Cheetah. Wajar, jika kerap memenangkan duel-duel udara dengan lawan.

Salah satu tandukan Ronaldo yang paling dikenal adalah saat dia mencetak gol ke gawang Manchester United di Liga Champions, Februari 2013. Ketika itu, mendapat umpan silang dari Gonzalo Higuain, Ronaldo sukses menanduk bola mengoyak jala MU yang dikawal David De Gea.

Dalam proses gol tersebut, terlihat Ronaldo melakukan lompatan yang begitu tinggi sebelum menanduk bola. Lompatannya bahkan melewati lompatan bek MU, Phil Jones, yang bertubuh tinggi besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.