Sukses

5 Calon Kapten Chelsea Sepeninggal Terry

John Terry telah mengumumkan akan meninggalkan Chelsea akhir musim nanti.

Liputan6.com, London - John Terry telah mengumumkan akan meninggalkan Chelsea akhir musim nanti. Maklum ia kecewa karena manajemen belum memberinya perpanjangan kontrak hingga sekarang.

Terry sudah membela Chelsea sejak tahun 1995. Dia merupakan sosok tak tergantikan di lini belakang Chelsea sejak promosi ke tim utama.Terry telah mempersembahkan empat gelar Liga Premier, empat Piala FA dan satu Liga Champions. 

Baca Juga

  • Rumor Dipecat, Van Gaal Telepon Mourinho?
  • Juara Liga Inggris, Leicester City Dijanjikan ke Las Vegas
  • Hiddink Ungkap Kunci Sukses Chelsea Bantai Newcastle

Dalam beberapa tahun terakhir Chelsea hanya bersedia memberikan kontrak singkat berdurasi setahun kepada Terry. The Blues menerapkan kebijakan tersebut kepada pemain yang sudah berusia di atas 30 tahun. 

Meski manajer Guus Hiddink ingin memperpanjang kontraknya. Namun manajemen tampaknya tidak bergeming.

Lalu siapakah pemain yang cocok untuk menjadi kapten sepeninggal Terry musim depan. Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. John Obi Mikel

Mikel adalah salah satu pemain terlama yang menghuni skuat Chelsea. Ia bergabung sejak tahun 2006 meski tidak pernah menjadi pemain starter.

Namun pengalaman Mikel selama di Stamford Bridge bisa membuatnya menjadi anutan pemain lain. Usianya yang juga tidak muda membuatnya bisa dihormati oleh pemain lain.

Satu hal lain yang dimiliki Mikel adalah ketenangannya di lapangan. Ia tidak pernah panik saat The Blues dalam tekanan lawan.

Kontrak Mikel akan habis pada tahun 2017 mendatang. Artinya ia masih punya waktu setahun untuk menjadi pengganti Terry memimpin rekan-rekannya di lapangan.

3 dari 6 halaman

2. Nemanja Matic

Sama seperti Mikel, Matic berposisi sebagai gelandang jangkar. Ia mampu bertahan dan menyerang sama baiknya.

Matic pertama kali gabung Chelsea pada tahun 2009. Namun karena tidak pernah mendapat kesempatan di tim utama, ia dijual ke Benfica dua tahun kemudian.

Menariknya pada tahun 2014, Matic pulang lagi ke Chelsea. Kepulangannya tidak sia-sia karena ia menjadi salah satu pilar penting saat The Blues menjadi juara Liga Inggris musim lalu.

Mengetahui profil klub luar dalam bisa menjadi nilai plus Matic sebagai kapten. Meski tidak terlalu vokal di lapangan, namun Matic dinilai cocok menggantikan Terry musim depan.

4 dari 6 halaman

3. Cesc Fabregas

Fabregas telah menjadi kapten Arsenal sejak usia 21 tahun. Sebuah keputusan yang tak pernah disesali manajer Arsene Wenger hingga sekarang.

Fabregas dikenal vokal dan punya potensi alami memimpin rekan-rekannya di lapangan. Tak jarang ia berkonflik dengan pemain lawan untuk membela rekan setimnya.

Skuat Chelsea yang minim pemimpin sekarang ini membuat Fabregas menjadi salah satu kandidat terdepan menggantikan John Terry. Ia punya karakter kuat  yang dibutuhkan saat Chelsea tertinggal dari lawan.

"Fabregas adalah orang yang lebih baik dari pikiran saya. Dia orang yang fantastis dan sangat profesional," ujar eks manajer Chelsea, Jose Mourinho.

5 dari 6 halaman

4. Gary Cahill

Cahill merupakan pengganti ideal bagi Terry untuk menjadi kapten. Selain sama-sama berposisi bek, ia juga berasal dari Inggris.

Selain itu usia Cahill juga sudah matang, yakni 30 tahun. Ia juga punya pengalaman menjuarai Liga Inggris di bawah Jose Mourinho.

Satu nilai tambah bagi Cahill, ia seringkali menjadi kapten saat Terry absen. Sehingga ia tidak canggung lagi jika diberikan jabatan kapten permanen musim depan.

Cahill baru saja memperpanjang kontraknya di Chelsea hingga tahun 2019. Sehingga manajer yang baru nantinya tidak perlu ragu mempertanyakan kesetiaan Cahill.

6 dari 6 halaman

5. Branislav Ivanovic

Ivanovic sudah delapan tahun bersama Chelsea. Dia sudah memenangkan hampir semua gelar bersama The Blues.

Sosoknya yang keras di lapangan bisa memicu semangat para pemain Chelsea lain. Usianya yang sudah 31 tahun juga membuat Ivanovic dihormati rekan-rekannya.

Kini Ivanovic menjabat sebagai wakil kapten Chelsea. Jabatan serupa yang juga ia emban di timnas Serbia.

Memilih Ivanovic sebagai kapten merupakan keputusan yang tepat bagi manajer baru Chelsea nantinya. Ia tidak perlu lagi beradaptasi dengan jabatan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.
    John George Terry adalah pemain sepak bola profesional Inggris yang kini bergabung dengan Chelsea dan kapten paling bersejarah di klub ini.

    John Terry

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Cesc Fabregas adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Chelsea
    Cesc Fabregas adalah pemain sepak bola Profesional asal Spanyol yang sekarang membela Chelsea

    Cesc Fabregas

  • Branislav Ivanovic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia di posisi bek kanan.
    Branislav Ivanovic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia di posisi bek kanan.

    Branislav Ivanovic

  • Nemanja Matic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia sebagai gelandang bertahan.
    Nemanja Matic adalah pesepakbola profesional Serbia yang bergabung di klub Chelsea dan tim nasional Serbia sebagai gelandang bertahan.

    Nemanja Matic

  • John Michael Nchekwube Obinna adalah pemain sepak bola profesional yang bermain untuk klub Chelsea dan tim nasional Nigeria.
    John Michael Nchekwube Obinna adalah pemain sepak bola profesional yang bermain untuk klub Chelsea dan tim nasional Nigeria.

    John Obi Mikel