Sukses

Bonus Rp 16,4 Miliar di Tangan Capello

Keberhasilan Inggris lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, mendekatkan bonus 5 juta pound ke hadapan Fabio Capello. Bonus pribadi terbesar bagi seorang manajer atau pelatih.

Liputan6.com, London: Manajer Timnas Inggris, Fabio Capello semakin dekat dengan bonus 5 juta pound atau Rp 82 miliar andaikan ia bisa mengantar Inggris menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Bonus tersebut merupakan jumlah terbesar yang bisa diterima manajer/pelatih, baik di level internasional maupun klub.

Akan tetapi angka itu merupakan salah satu klausul dalam kontrak yang diberikan FA untuk membujuk Capello di penghujung 2007 lalu. Jika gagal maka klausul itu tidak akan cair. Bonus itu merupakan bagian dari kontrak yang berakhir pada 2010, walau kedua belah pihak menimbang untuk memperpanjang kontraknya hingga 2012 atau setelah putaran final Piala Eropa.

Terlepas dari keberhasilan Inggris melaju ke Afsel, masa depan Capello ramai diperdebatkan. Ada yang menyatakan bahwa ia akan berhenti di musim panas 2010. Capello menjawab dengan pernyataan ‘aman’ bahwa ia akan menghormati kontraknya. Putusan dari kedua belah pihak akan sangat tergantung dari hasil di putaran final Piala Dunia nantinya.

Akan tetapi jikalau Capello mampu mengantar Inggris menggapai titel Piala Dunia, maka nilai kontraknya akan melambung tinggi. Kenyataan ini disikapi serius FA yang saat ini kesulitan menggemukkan kasnya akibat krisis ekonomi. Jika penuh menjalani kontrak selama empat setengah tahun, Capello beserta stafnya menghabiskan kas FA sekitar 40 juta pound.

Keuangan FA dipusingkan oleh karamnya dela dengan Setanta yang jatuh bangkrut. Biaya operasional Stadion Wembley memakan dana 90 juta pound di tahun pertamanya. Sponsor raksasa seperti E.On tidak melanjutkan kerjasama untuk menyokong Piala FA. Carling yang selama ini mendukung dana Piala Liga juga goyah.

Per tahun Capello menerima 6 juta pound (Rp 98,4 miliar) per tahunnya dari kontrak yang ditandatangani olehnya. Akan tetapi bonus dan intensif cukup besar disodorkan untuknya, termasuk 1 juta pound (Rp 16,4 miliar) setelah meloloskan John Terry dkk berlaga di Afsel musim panas tahun depan.(DIM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini