Sukses

AS Roma Vs Real Madrid: Ulang Memori Buruk 2008?

Bentrokan keduanya bakal menarik karena mereka sama-sama baru mengganti pelatih di paruh musim.

Liputan6.com, Roma - Klub raksasa Spanyol Real Madrid akan bertandang ke markas AS Roma dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions pada Kamis (18/4) pukul 02.45 WIB dinihari. Bentrokan keduanya bakal menarik karena mereka sama-sama baru mengganti pelatih di paruh musim.

Baca Juga

  • Kemenangan Lawan Bilbao Jadi Modal Madrid Sambangi Roma
  • Roma Vs Madrid: Los Blancos Masih di Depan
  • Modal 'Tipu-tipu', Gelandang Juventus Nikahi WAGs Seksi Italia

Eks bintang Juventus dan Madrid, Zinedine Zidane ditunjuk sebagai entrenador El Real untuk menggantikan Rafael Benitez. Sedangkan Luciano Spalletti bernostalgia dengan Roma yang memecat pelatih Prancis Rudi Garcia.

Tuan rumah patut tampil dengan kepercayaan diri lebih. Pasalnya, Madrid punya rekor buruk ketika berhadapan dengan tim-tim asal Italia di fase knock-out.

Seperti yang dicatat La Gazzetta dello Sports jelang AS Roma vs Real Madrid, Los Blancos hanya menang lima kali dalam 16 laga saat bertemu tim asal Negeri Pizza baik di Liga Champions atau Piala Uefa (kini Liga Europa). Hal ini terjasdi sejak 1989 silam dan partai yang paling kita ingat adalah lolosnya Juventus ke laga pamungkas usai membekuk Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan 2-1 musim lalu.

Roma juga tak boleh sombong. Pasalnya dari delapan kali pertemuan I Lupi dengan Madrid, mereka lebih sering kalah, yakni sebanyak empat kali kekalahan, mengantongi tiga kemenangan, dan sekali seri.

Masih lekat di ingatan fans Giallorossi dua kemenangan Roma saat berhadapan dengan Madrid dalam 16 besar Liga Champions musim 2007/08. Srigala Ibukota itu menaklukkan Los Blancos dengan skor 2-1 baik di Santiago Bernabeu maupun Stadion Olimpico. Kebetulan yang mengkhawatirkan Madrid, kala itu Roma juga dilatih oleh sosok yang sama, yakni Luciano Spalletti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Absennya tiga pilar

Madrid akan bertandang ke Olimpico tanpa tiga pemainnya karena cedera, yakni Pepe (cedera kaki), Gareth Bale (otot sobek), dan Marcelo (cedera bahu). Sementara Roma 'hanya' kehilangan pemain muda mereka yaitu Norbert Gyömber (retak jari kaki) dan Ezequiel Ponce (ligamen lutut yang sobek).

Peran Gyömber belum vital untuk skuat asuhan Spalletti. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu memang sama sekali belum main di Liga Champions. Untuk bermain di Serie A pun, pemuda 23 tahun tersebut cuma tampil enam kali.

Deretan pemain Roma yang cedera, semisal Kostas Manolas, Mohamed Salah dan Francesco Totti sudah bisa tampil membela I Lupi, setelah sebelumnya Daniele De Rossi, Vasilis Torosidis, Ezequiel Ponce, Elio Capradossi, dan Kevin Strootman yang dikabarkan belum pulih. Dikutip dari laman transfermarkt.com, Selasa (16/2) malam, tak ada masalah kesehatan lagi untuk seluruh pemain.

Edin Dzeko bisa jadi diplot sebagai penyerang tunggal yang dibantu oleh winger Stephan El Shaarawy, Diego Perotti dan Iago Falque. Di kubu lawan, pelatih Madrid Zinedine Zidane tak bakal mengganti formasi awal dengan menempatkan Karim Benzema, Cristiano Ronaldo dan James Rodriguez di lini depan.

Tiga penyerang andalan Los Blancos itu menjadi kreator kemenangan tim 4-2 melawan Athletic Bilbao pada pekan ke-24 La Liga, akhir pekan lalu.

"Kami siap menghadapi laga melawan Roma. Kami dalam kondisi yang baik secara fisik maupun permainan dan saya sangat senang melihat permainan kami melawan Bilbao," kata Zidane kepada AS usai laga tersebut.

Berikut prakiraan susunan pemain AS Roma vs Real Madrid:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini