Sukses

Data dan Fakta 16 Besar Liga Champions: Ronaldo Top Scorer

Apa saja data dan fakta mengenai babak 16 besar Liga Champions musim ini?

Liputan6.com, Roma - Perhelatan 16 besar Liga Champions bergulir pertengahan pekan ini. Duel Paris Saint Germain kontra Chelsea dan Zenith melawan Benfica menandai fase knock out kompetisi elite antarklub Eropa ini.

Data dan fakta menarik perdelapan final Liga Champion ikut memeriahkan babak ini. Bisa jadi, rekor baru tercipta musim ini berangkat dari catatan-catatan tersebut. Salah satu yang menjadi sorotan adalah, keberhasilan Arsenal menjadi tim mampu menembus babak 16 besar selama 16 kali berturut-turut.   

Kamis (18/2/2016) dinihari nanti, AS Roma bakal menjamu raksasa Spanyol, Real Madrid serta Genk melawan Wolfsburg.

Baca Juga

  • Ronaldo 'Ngambek' Disebut Mandul di Laga Tandang
  • Rossi Dapat Kado Ultah Spesial dari Fans Indonesia
  • Samsul Arif dan Purwaka, Rekrutan Terbaik Persib Bandung

Apa saja data dan fakta mengenai babak 16 besar Liga Champions musim ini, berikut daftarnya sebagaimana dilansir dari situs resmi UEFA.

1. Arsenal dan Real Madrid menjadi dua tim yang mampu bermain di babak 16 besar Liga Champions sebanyak 12 kali dan tampil 24 pertandingan. Sedangkan, Barcelona, Bayern Munich dan Chelsea telah bermain 11 kali di babak 16 besar.

2. Sebanyak 34 dari 96 pertandingan leg 1 babak 16 besar Liga Champions dimenangkan tuan rumah sebesar (35,42%), 30 kali berakhir imbang (31,25% ) dan 32 lainnya berakhir untuk kemenangan tim tamu (33,3%).

3. Di babak 16 besar Liga Champions, wakil Portugal, Benfica memiliki rekor terbaik di fase ini setelah memenangi tiga laga dari empat pertandingan. Kemudian Barcelona (15 kemenangan dari 22 pertandingan). Kemudian Madrid memetik 9 kemenangan dari 24 pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inggris Paling Banyak Wakil di 16 Besar

4. Inggris mengirimkan wakilnya 43 kali di babak 16 besar, tim kali lebih banyak dari Spanyol dengan 40 tim. Disusul Italia dengan 32 partisipan. Jerman 29 kali lalu Prancis 20 kali, Portugal 12 kali. Sedangkan, tim-tim dari Republik Ceko, Denmark, Siprus dan, musim ini, Belgia masing-masing sekali mendapat tempat di babak perdelapan final.

Remain Arsenal, Danny Welbeck

5. Barcelona menjadi tim yang paling banyak memetik kemenangan di Liga Champions (sembilan kali di laga kandang dan enam kali di partai tandang) di babak 16 besar Liga Champions.

6. AC Milan memegang rekor kemenangan kandang terbesar di leg pertama babak 16 besar setelah mengalahkan Arsenal dengan skor 4-0 di musim 2011/12. Namun, di leg kedua AC Milan kalah 0-3.

3 dari 3 halaman

Ronaldo Top Scorer

7. Kemenangan besar selama babak 16 besar Liga Champions juga dicatatkan Bayern Munich mengalahkan Sporting Lisbon 5-0 musim 2008/09 dan Real Madrid 6-1 melawan Schalke musim 2013/14. Bayern dan Madrid sama-sama menorehkan kemenangan itu di leg 1 yang berlangsung di laga tandang. Bayern juga menjadi tim yang mampu menang agregat terbesar 12-1 atas Sporting Lisbon di musim 2008/09.

8. Iker Casiilas dan Cristiano Ronaldo telah bermain di 22 pertandingan 16 besar Liga Champions. Sedangkan, Zlatan Ibrahimovic dan Frank Lampard 21 kali. Sedangkan, Lionel Messi, Didier Drogba, dan Victor Valdes tampi 20 kali.

Lionel Messi

9. Ronaldo masih menjadi top scorer di Liga Champions dengan 19 gol, disusul Messi yang menorehkan 17 gol. Legenda Arsenal, Thierry Henry duduk di peringkat ke-3 dengan 8 gol, satu gol lebih banyak dari Karim Benzema dan Thomas Muller.

10. Dalam 69 pertandingan 16 besar, 31 tim menang di laga tandang, 23 berakhir imbang, dan 15 pertandingan lainnya, tim yang kalah di laga tandang mampu menang di laga kandang. Sedangkan, 19 tim menang di laga kandang dan tujuh lainnya berakhir imbang. Hanya satu tim, Inter Milan di musim 2010/11 yang bangkit dari kekalahan di leg pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi