Sukses

Dirut Pertamina Sedih Bila Rio Haryanto Sampai Gagal ke Formula 1

Rio Haryanto akhirnya resmi tampil pada balapan Formula 1 musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, bangga bisa membantu Rio Haryanto tampil di balapan Formula 1 musim ini. Menurutnya, Rio memang pantas dapat dukungan dari BUMN yang dipimpinnya.

"Saya sedih kalau ada seorang yang punya jiwa fighting spirit tidak bisa tampil (di F1)," kata Soetjipto, dalam jumpa pers di Kantor Pertamina, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2016).

Baca Juga

  • RESMI: Gabung Manor, Rio Haryanto Tampil Penuh di F1
  • Jejak Rekor Balap Rio Haryanto Jelang Tampil di F1
  • Bocah Indonesia Tatap Muka Wawancarai Marquez

"Kita tahu semua Rio Haryanto saat kecil mengalami kecelakaan. Tapi dia bisa bangkit dan bisa mengangkat nama bangsa. Kami semua bangga bisa menemani Rio Haryanto," sambungnya.

Infografis Rio Haryanto

Rio Haryanto dipastikan akan tampil di balapan Formula 1 musim ini. Pembalap asal Solo, Jawa Tengah itu bergabung dengan Tim Manor Racing asal Inggris. Rio akan tampil selama semusim. Selain Rio, Manor Racing juga akan diperkuat oleh pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein.

Namun tidak mudah bagi Rio Haryanto untuk tampil pada balapan jet darat ini. Sebab, dia tim Manor meminta bayaran yang tidak murah, yakni mencapai 15 juta euro. Pertamina sendiri telah sepakat untuk memberikan dukungan berupa bantuan dana sebesar 5,2 juta euro. Sedangkan Rp100 Miliar lainnya diberikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui KONI.

"Ini adalah awal dari perjalanan pemuda kebanggaan kita. Rio Haryanto memang pantas mendapat dukungan istimewa dari Pertamina," ujar Soetjipto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini