Sukses

Cerita Orangtua Siapkan Rio Haryanto Jadi Pengusaha

Menurut sang ayah, dunia balap dan dunia bisnis tak beda jauh.

Liputan6.com, Solo - Rio Haryanto di usia 23 tahun ikut berkompetisi di Formula One musim 2016/2017. Namun, orangtua Rio Haryanto ternyata juga menyiapkan putra bungsunya itu menjadi pengusaha.

Baca Juga

  • Sebelum Gabung Manor, Rio Haryanto Sempat Dirayu Force India
  • Komentar Ronaldo Soal Gol ke Gawang Roma
  • Neymar Goda Ronaldo Gabung Barcelona

Rio merupakan putra bungsu dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati. Sinyo sendiri merupakan pengusaha buku tulis merek Kiky di bawah perusahaan Solo Murni.

Sinyo menilai dunia balap dan dunia bisnis tak beda jauh. Dua bidang ini memerlukan kecepatan dan ketepatan dan pintar untuk memanfaatkan peluang. "Bisnis dan balapan itu juga perlu keberanian mengambil risiko," kata Sinyo di Solo, Minggu (21/2/2016).

Sinyo mengaku sudah menyiapkan anaknya untuk berbisnis. Menurutnya, berbisnis bisa membantu anak-anaknya kelak saat sudah tidak bergelut dengan dunia racing. "Kalau sudah berumur kan tidak balapan lagi. Jadi bisnis bisa jadi pegangannya di kemudian hari," Sinyo menambahkan.
Rio Haryanto (Liputan6.com / Reza Kuncoro)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuliah di Singapura

Sementara itu, Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati mengatakan guna mendukung keinginan tersebut, orangtua telah menyekolahkan Rio Haryanto hingga lulus S-1. Rio lulus jurusan bisnis di Universitas FTMS Global Singapura pada tahun 2014 lalu.

"Studi itu penting untuk masa depan dia. Alhamdulillah, Rio lulus S-1 selama 3,5 tahun. Padahal targetnya empat tahun. Rio itu kuliah dan balapan jalan bareng. Dia bisa bagi waktu. Orangnya memang ulet dan tekun," kata Indah.

Ketekunan dan keuletannya dari pembalap kelahiran 22 Januari 1993 ini membuahkan hasil. Nilai mata kuliahnya mendapatkan poin di atas rata-rata. Mayoritas nilainya adalah A dan B.

"Rio itu semisal ada balapan, maka Minggu malam harus tiba di Singapura untuk kuliah. Atau saat ada balapan, dari kampus ada dispensasi karena Rio tergolong mahasiswa berprestasi. Tapi kalau ujian, Rio tetap harus hadir," Indah mengakhiri.
Rio Haryanto (Liputan6.com / Reza Kuncoro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.