Sukses

Mobil-mobil yang Mengantar Rio Haryanto Hingga ke Formula 1

Rio Haryanto menjadi pembalap Indonesia pertama yang berlaga di Formula 1.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk kali pertama, Rio Haryanto bakal mengaspal di lintasan balap Formula 1. Pemuda asal Solo, Jawa Tengah itu menjadi pembalap Indonesia pertama yang tampil di adu kebut jet darat paling bergengsi di dunia itu. Musim ini, Rio Haryanto memperkuat tim asal Inggris, Manor Racing.

Manor telah merilis mobil tunggangan Rio yakni, MRT05. Terdapat perbedaan dibanding mobil sebelumnya, M03B. Salah satu yang paling menyolok adalah mesin yang digendong MRT05 kini diproduksi Mercedes Benz. Sedangkan dua musim sebelumnya Manor lebih akrab dengan Ferrari.

Mobil ini tentu saja berbeda dibanding tunggangan-tunggangan Rio Haryanto sebelumnya. Lihat evolusi mobil Rio Haryanto sejak masih aktif di gokart hingga mengaspal di lintasan Formula 1.

Rio Haryanto saat masih aktif di balapan gokart

Rio Haryanto mengawali karier balapannya dari ajang gokart dan berhasil memenangkan sederet kejuaraan baik nasional maupun internasional. 

Mobil yang dikendarai Rio Haryanto di ajang Formula BMW Asia Pacific (automobilsports.com)

Tunggangan Rio saat tampil di Formula BMW Asia Pacific. Di ajang ini, Rio berhasil keluar sebagai juara bersama tim Questnet Team Qi-Meritus.

Rio Haryanto GP3 Series (Situs GP3 Series)

Selanjutnya Rio melanjutkan kiprahnya di balapan GP3 pada tahun 2010. Di ajang ini, Rio mengawali kedekatannya dengan tim Manor Racing.

 

Mobil yang digunakan Rio Haryanto di ajang balapan GP3 (Paddockscout)

Rio Haryanto saat tampil di ajang GP2 bersama tim Carlin pada tahun 2012.

Mobil Rio Haryanto saat tampil di ajang GP2 (Situs resmi Rio Haryanto)

Di GP2, Rio Haryanto juga sempat berganti tim dan tampil di bawah bendera Campos Team.

Mobil balap baru Rio Haryanto jadi perbincangan netizen Indonesia, sementara di Taiwan, acara melepas lampion menandakan berakhirnya Imlek.

Mobil yang akan digunakan Rio Haryanto bersama tim Manor Racing di Formula 1 musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini