Sukses

Data Fakta MU Vs Midtjylland: Menanti Kejutan Wakil Denmark

Liputan6.com, Jakarta Manchester United akan menjamu wakil Denmark, Midtjylland di babak 32 besar Europa League, Kamis (25/2/2016) di Old Trafford. MU membawa kekalahan 1-2 di leg pertama ketika bertandang ke Herning, Denmark, kandang Midtjylland.

Guna menjaga asa lolos ke babak perempat final, The Red Devils dituntut memetik kemenangan dengan skor 1-0. Bila demikian, MU lolos ke babak 16 besar karena unggul produktivitas gol tandang. Mengamati data fakta, seharusnya tidak sulit bagi tim asuhan Louis Van Gaal ini melanjutkan ke babak berikutnya. 

Terlebih, Old Trafford masih menjadi tempat yang angker bagi lawan-lawannya yang datang dari tim Eropa. Setidaknya, status itu berlaku sejak musim 2012/13. Old Trafford terakhir menghelat laga Europa League empat tahun lalu.

1 dari 3 halaman

Data dan Fakta

1. MU tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan Liga Champions sejak terakhir kalah dari Real Madrid pada 16 besar Liga Champions musim 2012/13. Pertandingan terakhir Europa League terakhir di kandang terjadi pada Maret 2012. Ketika itu, MU menghadapi Bilbao 

2. Midtjylland dua kali kalah dalam dua pertandingan tandang di kancah Eropa tanpa mencetak gol, kebobolan enam gol. Tidak salah bila Midtjylland menjadi tim kejutan di babak 16 besar karena mampu mengalahkan MU.

Manchester United

3. MU terakhir kali berpartisipasi di Europa League pada 2011/12 dan berhasil mencapai 16 besar. Europa League satu-satunya trofi yang belum diraih sepanjang sejarah klub. Prestasi terbaik MU di gelaran ini hanya mencapai perempat final musim 1984/85.

4. Musim ini, Midtjylland mendapat kemenangan perdana di laga kandang. Hasil bagus tersebut terasa spesial karena Midtjylland meraihnya atas MU. Dan ini menjadi musim perdana Midtjylland menembus fase knock-out kompetisi Eropa.

5. Midtjylland dan Molde FK (Swedia) menjadi tim paling lama bertahan di kancah Eropa. Kedua tim mengawali perjalanan di putaran kedua Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Trivia

1. Midtjylland satu dari lima tim yang lolos ke babak 32 besar Europa League musim ini dari kompetisi domestik bersama  FC Basel 1893 (Switzerland), Galatasaray AŞ (Turki), Molde FK (Norwegia) and Olympiakos FC (Yunani). 

2. Pertandingan ini menjadi ajang reuni bagi Anthony Martial dan Sergio Romero bersama gelandang Midtjylland, Jakob Poulsen. Mereka bertiga sempat bersama di AS Monaco dari 2013 dan 2014. Begitu juga dengan bek Daley Blind (MU) dan Petter Andersson (Midtjylland) yang sempat bermain di FC Groningen pada 2010.

Midtjylland melawan MU di leg 1 babak 32 bear Europa League

3. Kiper Midtjylland, Mikkel Andersen sempat menjadi dari klub kasta kedua Liga Inggris, Reading FC. Namun, penjaga gawang asal Denmark ini lebih banyak dipinjamkan hingga Midtjylland memberikan kontrak permanen untuknya pada 2015.

4. Striker Midtjylland, Martin Pusic sempat merasakan atmoster Premier League. Pusic sempat tampil bersama Hull City musim 2011/12. Kemudian, gelandang Kristoffer Olsson sempat mengikuti trial di Arsenal. Bahkan, dia sempat tampil sekali di tim inti The Gunners di Piala Liga Inggris 2013 menghadapi West Bromwich Albion.

5. Musim ini, bila MU juara mereka akan menjadi tim kelima yang telah merebut tiga gelar di Eropa: Liga Champions, Europa League, dan Piala Super Eropa. Tim yang pernah merebut tiga gelar itu di antaranya: AFC Ajax, FC Bayern Muenchen, Juventus and Chelsea.

Artikel Selanjutnya
Piala Konfederasi: Chile Berjanji Hadang Portugal
Artikel Selanjutnya
Mantan Penyerang Badung Inter Milan Betah di Prancis