Sukses

Dua Kali Insiden, Rio Haryanto Masih Dibela Bos Manor

Bos Manor tak terkejut ketika Rio Haryanto mengalami dua insiden saat tes pramusim di Barcelona.

Liputan6.com, Barcelona - Direktur Manor Racing, Dave Ryan, mengaku tidak khawatir dengan kesalahan yang dibuat Rio Haryanto saat tes pramusim pertama Formula 1 di Barcelona. Ryan merasa insiden yang dialami Rio merupakan hal yang wajar dalam dunia balap.

Rio dua kali mengalami insiden pada tes pramusim di Barcelona. Yang pertama, mobil MRT05 yang dikendarai Rio melintir, namun pembalap asal Indonesia itu tetap bisa melanjutkan tes. Hari berikutnya, insiden kembali dialami Rio, kini mobilnya melintir dan bagian belakangnya menghantam pembatas sehingga dia tak bisa melanjutkan tes.

Baca Juga

  • Yamaha Diprediksi Kuasai MotoGP 2016
  • Cedera ACL: Hantu Bagi Pesepakbola
  • Kisah Cinta Bek Juventus dan Model Seksi

Ryan menyatakan, dia sama sekali tidak kecewa dengan apa yang dilakukan Rio pada hari pertama tes. Menurut Ryan, hal-hal yang dialami Rio memang kerap terjadi di tahap awal, apalagi pembalap berusia 23 tahun itu merupakan debutan di ajang Formula 1.

"Sejujurnya saya terkejut jika dia (Rio Haryanto) tidak mengalami beberapa insiden. Selama dia belajar dari kejadian itu, tak masalah. Itu tidak merugikan kami, mari kita lihat bagaimana selanjutnya," kata Ryan, seperti dilansir F1i.

Ryan juga enggan membandingkan pencapaian Rio dengan rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein. Menurut dia, pengalaman Rio yang sebelumnya mengendarai mobil GP2 dengan  Wehrlein sangat berbeda ketika berada di balik kemudi mobil F1.

"Pascal datang setelah memenangi Kejuaraan DTM, dia telah melalui bermil-mil lintasan dengan mobil Formula 1. Dia sudah banyak pengalaman dan dia tahu apa yang diharapkan," ungkapnya.

"Rio sebaliknya, berbeda dengan Pascal. Dia membuat langkah pertamanya di Formula 1. Begitu indah perbedaan yang kami miliki, namun keduanya anak muda yang hebat dan itu bagus untuk memiliki mereka di tim kami. Kami menikmatinya," tutur Ryan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Rio

Rio Haryanto sendiri tidak terlalu kecewa menjalani tes pramusim selama dua hari di Sirkuit Catalunya pada pekan lalu. Meski mengalami dua insiden, pembalap Manor Racing asal Indonesia itu menilai tes perdananya di F1 berjalan baik.

Pada tes hari pertama, mobilnya melintir di tikungan kelima meski ia masih bisa melanjutkan tes. Pada hari kedua, insiden lebih parah terjadi. Ia kehilangan kendali sehingga membuat mobil MTR05 miliknya menabrak dinding dan mengakibatkan kerusakan cukup parah.

"Saya membuat kesalahan hari ini dan sayangnya mobil tidak bisa diperbaiki dengan cepat. Jadi saya kecewa karena tidak mampu menyelesaikan program yang kami rencanakan," kata Rio seperti dilansir laman Facebook Manor Racing.

"Meski demikian, kami telah cukup mencapai jarak tempuh yang kami inginkan. Selain itu ada beberapa pekerjaan yang sudah dievaluasi," ujar pembalap asal Solo itu.

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Tes Pramusim Perdana Rio Haryanto

1. Rio Haryanto sempat menjalani insiden di sesi pagi waktu Barcelona di hari pertamanya mengendarai mobil Formula 1(F1) dalam sesi tes pagi, Rabu (23/2/2016) waktu Barcelona. Mobil Rio melintir keluar lintasan.  Bendera merah harus segera dikibarkan oleh pengawas lomba dan mobil Rio pun harus diderek oleh truk untuk diperbaiki.

2. Rio menempati posisi buncit di hari pertamanya menjalani tes pramusim. Total, Rio melahap 78 lap dan mencatatkan waktu terbaik 1 menit 28,249 detik. Rio lebih lambat 5 detik dari pembalap tercepat yakni Nico Hulkenberg dari tim Force India-Mercedes.

3. Catatan waktu Rio membaik di hari keduanya. Pada sesi pagi, Rio menempati posisi kedelapan dengan melahap 43 lap dengan catatan waktu 1 menit 28,266 detik. Catatan waktu itu mengalahkan pembalap kawakan F1, Felipe Massa yang ada di posisi sembilan dengan jumlah 33 lap dan catatan waktu 1 menit 28,648 detik.

4. Rio Haryanto kembali mengalami insiden di hari keduanya pada sesi sore.  Kali ini, mobil Rio menabrak dinding pembatas di lap 51. Karena hal itulah, posisi Rio melorot ke tempat ke-11 masih dengan catatan waktu yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.