Sukses

Neil Paterson, Pesepak Bola Tunggal yang Pernah Meraih Oscar

Hanya satu pesepak bola yang pernah meraih penghargaan Oscar, yakni Neil Paterson.

Liputan6.com, Glasgow - Tidak sedikit pesepak bola yang mencoba peruntungan kariernya di Hollywood setelah gantung sepatu. Namun hanya satu yang pernah meraih penghargaan Oscar, yakni Neil Paterson.

Lahir di Greenock, 31 Desember 1915, Paterson memulai karier sepak bolanya saat menjadi mahasiswa di Universitas Edinburgh. Ia lalu memperkuat klub semiprofesional, Buckie Thistle.

Baca Juga

  • Diisukan Pensiun Dini, Begini Jawaban Lorenzo
  • Alami Dua Insiden, Rio Haryanto Tetap Puas Debut di F1
  • Top 3 Berita Bola: Manor Maklumi Rio, Rashford Jadi Primadona MU



Kemudian ia melanjutkan kariernya di Leith Athletic. Bermain bagus sebagai sayap kiri, Paterson menarik perhatian salah satu klub besar Skotlandia, Dundee United.

Ia menjalani karier di sana pada tahun 1936-37. Meski hanya setahun, Paterson langsung menjadi kapten.

Ia juga sukses mencetak sembilan gol, termasuk sekali hattrick dari 26 penampilan. Uniknya, Paterson menolak menandatangani kontrak profesional pada akhir musim dan memilih menjadi penulis.

Pilihannya beralih dari lapangan hijau tak sia-sia. Sejumlah buku yang ditulisnya menjadi best seller seperti The China Run dan Behold Thy Daughter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mendapat Oscar Tahun 1959

Dan salah satu cerita pendek yang ditulisnya, Scotch Settlement diadaptasi menjadi film berjudul 'The Kidnappers'. Film ini dirilis pada tahun 1953.

Kedua aktor utama dalam film tersebut yakni Jon Whiteley dan Vincent Winter langsung meraih penghargaan khusus dari Oscar.

Paterson akhirnya meraih Oscar pertamanya pada tahun 1959. Ia meraih penghargaan untuk kategori Naskah Adaptasi Terbaik dari film 'Room at the Top'.

Karier Paterson terus meroket sejak meraih Oscar tersebut. Ia terpilih sebagai Direktur British Film Institute dan Dewan Kesenian Inggris.

Paterson tutup usia pada tahun 1995. Hingga sekarang dia masih dikenang sebagai legenda di Dundee United yang pernah memenangkan Oscar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.