Sukses

4 Pemain Jago Diving yang Layak dapat 'Oscar'

Di dunia perfilman Hollywood, Piala Oscar atau Academy Awards adalah penghargaan bergengsi.

Liputan6.com, Jakarta - Di dunia perfilman Hollywood, Piala Oscar atau Academy Awards adalah penghargaan paling bergengsi. Penghargaan itu dianugerahkan antara lain untuk aktor dan aktris yang berhasil memerankan karakter dalam film mereka dengan baik.

Nah, di sepak bola juga ada Piala Oscar. Bedanya, Piala Oscar di sepak bola tak memiliki juri, ataupun piala yang harus dipersembahkan pada pemain yang mendapatkannya.

Baca Juga

  • Mourinho: Saya Akan Latih Timnas Singapura
  • Gaji Marcus Rashford di MU Hanya Rp 8 Juta Seminggu
  • Dua Kali Insiden, Rio Haryanto Masih Dibela Bos Manor 

Alih-alih penghargaan, Piala Oscar di sepak bola adalah sindiran bagi para pemain yang ahli melakukan diving. Karena keahliannya itulah, pecinta sepak bola menyebut mereka layak mendapat Oscar.

Para pemain itu dianggap jago bersandiwara dengan aksi divingnya.Tim-tim yang dibela para pemain itupun tak jarang mendapat keuntungan dari keberhasilan sang pemain mengelabui wasit.

Berikut ini daftar pemain sepak bola yang layak mendapat 'Piala Oscar'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sergio Busquets

Pertandingan Barcelona Vs Inter Milan di semifinal Liga Champions musim 2010 adalah titik mula Sergio Busquets dicap pemain yang lihai melakukan diving. Bagaimana tidak, aksi tipu-tipunya membuat gelandang Inter Milan, Thiago Motta diganjar kartu merah oleh wasit.

Kejadian bermula saat Motta terlibat duel dengan Busquets. Tangan Motta lalu mengenai wajah Busquets. Busquets lalu dianggap diving lantaran tertangkap kamera sedang mengintip ke arah kamera.

"Dia (Busquets) selalu melakukannya. Saya telah melihatnya di tv. Dia menutupi wajahnya lalu melihat ke arah wasit. Itu kebiasaan yang buruk," kata Motta menanggapi aksi Busquets tersebut.

Sejak saat itulah, Busquets dianggap pemain yang lihai melakukan diving hingga layak mendapat Piala Oscar.

3 dari 5 halaman

2. Neymar

Sebagai pemain yang punya gocekan aduhai, Neymar kerap menjadi sasaran tekel pemain lawan. Hal itulah yang akhrinya dimanfaatkan oleh pemain asal Brasil tersebut.

Lewat aksi-aksinya di lapangan hijau, Neymar tak jarang melakukan diving. Salah satu aksi diving yang cukup membekas di ingatan publik adalah saat partai Brasil Vs Uruguay di Piala Konfederasi 2013.

Neymar tiba-tiba terpelanting saat terlibat perebutan bola dengan Walter Gargano. Padahal, dalam rekaman ulang, tangan Gargano hanya sedikit mengenai wajah gelandang yang kini bermain di klub Barcelona tersebut.

4 dari 5 halaman

3. Ashley Young

Ashley Young sempat mendapat kecaman saat dia melakukan diving ketika Manchester United mengalahkan CSKA Moskow di fase grup Liga Champions, November lalu. Tidak tanggung-tanggung, kecaman langsung datang dari legenda MU, Paul Scholes.

"Young harus menghentikan ini. Dia tahu itu, tapi itu (diving) seperti kebiasaan dan dia sulit menghentikannya," ujar Scholes di Daily Mail.

Di musim ini, pecinta Liga Inggris terhitung jarang melihat aksi diving Young. Tentu saja, itu karena Young sendiri sedang cedera.

"Ashley Young dibekap sejumlah cedera hernia. Dia harus dioperasi jadi dia akan absen dalam waktu yang lama," kata Manajer Manchester United, Louis van Gaal di Sky Sports, Januari lalu.

5 dari 5 halaman

4. Arjen Robben

Aksi diving Robben yang terkenal adalah saat dia membela tim nasional Belanda di Piala Dunia 2014. Ketika itu, Belanda menghadapi Meksiko.

Robben menggiring bola ke arah kotak penalti Meksiko. Gelandang Bayern Muenchen ini lalu mendapat alangan dari para bek Tim Sombrero -julukan Meksiko.

Kaki Robben memang ditekel pemain Meksiko, tapi tak terlalu keras. Namun wasit  memberi penalti pada Belanda, yang akhirnya menang 2-1 atas Meksiko.

Aksi Robben itu lalu dimanfaatkan sejumlah netizen. Mereka lalu membuat meme lucu dari video diving Robben.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini