Sukses

Tantangan Baru Menanti Rio Haryanto dan Manor Racing

Debut Rio Haryanto bersama Manor Racing di F1 berjalan kurang mulus.

Liputan6.com, Barcelona - Tantangan baru akan dijalani Rio Haryanto pada Selasa (1/3/2016). Pembalap Manor Racing asal Indonesia itu harus menunjukkan kualitasnya jelang Formula 1 (F1) musim 2016.

Penantian panjang Rio Haryanto untuk bisa turun di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia itu terwujud pada Rabu (24/2/2016). Pembalap berusia 23 tahun ini melakukan debutnya bersama Manor Racing di Sirkuit Katalunya, Barcelona.

Baca Juga

  • Pique: Potong Tangan Saya Jika Neymar Gabung Real Madrid
  • Neil Paterson, Pesepak Bola Tunggal yang Pernah Meraih Oscar
  • Konflik Rossi dan Marquez Diprediksi Bakal Abadi


Alami Dua Insiden

Sayangnya debut Rio di F1 tidak berjalan mulus. Dalam dua hari tes pramusim, dua kali pula ia mengalami insiden.

Pada hari pertama mobilnya tiba-tiba melintir keluar lintasan di tikungan kelima. Sementara pada hari kedua, mobilnya malah menabrak dinding pembatas di tikungan keempat sehingga mengalami kerusakan di bagian belakang.

Bagian belakang mobil Rio tertabrak di sesi sore tes. (sumber: twitter.com/F1)

Beruntung Rio Haryanto tidak mengalami cedera apapun dalam dua insiden itu. Meski dia akhirnya hanya jadi juru kunci dalam tes pramusim resmi tersebut.

Rio Haryanto menjalani debut di F1 (F1.Com)

"Saya membuat kesalahan hari ini dan sayangnya mobil tidak bisa diperbaiki dengan cepat. Jadi saya kecewa karena tidak mampu menyelesaikan program yang kami rencanakan," kata Rio seperti dilansir laman Facebook Manor Racing.

"Meski demikian, kami telah cukup mencapai jarak tempuh yang kami inginkan. Selain itu ada beberapa pekerjaan yang sudah dievaluasi," ujar pembalap asal Solo itu.

Manor Tak Kecewa

Pihak Manor Racing pun tidak terlalu serius menanggapi insiden yang terjadi pada Rio Haryanto. Mereka tetap mendukung pembalap asal Solo itu beradaptasi dengan mobil yang baru.

"Sejujurnya saya terkejut jika dia (Rio Haryanto) tidak mengalami beberapa insiden. Selama dia belajar dari kejadian itu, tak masalah. Itu tidak merugikan kami, mari kita lihat bagaimana selanjutnya," kata Direktur Manor Racing, Dave Ryan, seperti dilansir F1i.

Rio Haryanto beraksi di Sirkuit Katalunya (REUTERS/Sergio Perez)

"Rio berbeda dengan Pascal Wehrlein. Dia membuat langkah pertamanya di Formula 1. Begitu indah perbedaan yang kami miliki, namun keduanya anak muda yang hebat dan itu bagus untuk memiliki mereka di tim kami. Kami menikmatinya," tutur Ryan.

Tekanan Debut di F1

Di sisi lain sebagai pembalap Asia satu-satunya, Rio mengaku sedikit tertekan dalam ajang balap jet darat ini. Apalagi ekspektasi besar dari seluruh rakyat Indonesia.

"Tanpa dukungan dari Indonesia, saya tidak akan berada di sini. Saya ingin melakukan pekerjaan ini dengan baik, jadi saya fokus pada tugas saya dan tidak terlalu memikirkan tentang tekanan," ujar Rio Haryanto, seperti dilansir FormulaSpy.

Manajemen Manor Racing juga berjanji akan memberikan mobil terbaik bagi Rio. Apalagi Manor juga diperkuat beberapa nama besar musim ini. Seperti eks desainer Ferrari, Nicholas Tombazis dan eks konsultan mesin Ferrari,  Pat Fry.

Rio Haryanto mengendarai MRT05 di Sirkuit Katalunya (Reuters / Sergio Perez)

Direktur Balap tim asal Inggris itu juga bukan sembarang orang. Dia adalah Dave Ryan yang lama memperkuat tim Mclaren.

"Ini adalah era baru bagi Manor. Kami punya orang-orang yang hebat di tim ini. Mereka punya antusias dan optimisme yang luar biasa," kata Ryan bersemangat.

Hari ini ujian pada Rio Haryanto kembali harus dihadapi. Ia akan menjalani tes pramusim keduanya selama dua hari. Lalu bagaimana hasilnya? Semoga saja memuaskan.

Jadwal tes pramusim hari ini (1/3/2016) F1 kedua di Barcelona:

Hari Pertama, Selasa (1/3/2016)

Mercedes: Nico Rosberg (pagi), Lewis Hamilton (sore)
Ferrari: Kimi Raikkonen
McLaren: Fernando Alonso
Red Bull: Daniil Kvyat
Toro Rosso: Max Verstappen
Williams: Valtteri Bottas
Force India: Nico Hulkenberg
Sauber: Felipe Nasr
Renault: Kevin Magnussen
Haas: Esteban Gutierrez
Manor: Rio Haryanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini