Sukses

Kemenpora Pangkas Bantuan untuk Rio Haryanto

Penurunan bantuan untuk Rio Haryanto karena masih banyak cabang olahraga yang memerlukan dana.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berencana memangkas bantuan untuk Rio Haryanto. Semula bantuan untuk pembalap Manor Racing itu, Rp 100 miliar, tapi kini menjadi Rp 50 miliar.

Rencananya, pengurangan bantuan itu akan dikomunikasikan dalam rapat kerja antara Menpora Imam Nahrawi dengan Komisi X DPR, Rabu (2/3/2016).

"Pagi ini kami diundang Komisi X, ada raker. Menpora sekali lagi akan men-sounding rencana. Kalau disetujui DPR, untuk menggunakan anggaran Rp 50 miliar bukan Rp 100 miliar," kata juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewabroto, Selasa (1/3/2016).

 

Baca Juga

  • Nico Rosberg Tercepat, Rio Haryanto Urutan Buncit
  • Klopp Sudah Siapkan Rencana Baru untuk Liverpool
  • David Jacobs, Atlet Difabel Terbaik Dunia [Video]


Gatot menambahkan sumber dana Rp 50 miliar itu berasal dari revisi APBN (Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara). Dengan kata lain, Menpora akan merevisi anggaran Kemenpora yang telah disetujui sebelumnya dalam APBN 2016.

"Dicopot dari beberapa deputi. Beda dengan APBNP, itu nambah lagi. Minta lagi ke Kementerian Keuangan," Gatot menjelaskan.

Terkait penurunan ini, Gatot membantah pemerintah tidak berkomitmen membantu Rio. Menurut dia, berkurangnya bantuan ini lantaran masih banyak cabang olahraga yang memerlukan dana.

"Itu (penurunan) sebagai bentuk kehati-hatian supaya jangan terlalu mencolok di anggota Dewan dan kami sadar yang harus dibantu juga banyak," kata Gatot.

Sebelumnya, Kemenpora mengajukan dana Rp 100 miliar untuk membantu Rio Haryanto. Namun hal itu tidak mendapat persetujuan DPR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.