Sukses

Surabaya United Vs Semen Padang: Duel Beda Misi

Persebaya membutuhkan satu kemenangan untuk lolos langsung dari fase grup C. Sedangkan, tiga poin membuka jalan Semen Padang ke semifinal

Liputan6.com, Jakarta Duel beda misi diusung Surabaya United ketika menghadapi Semen Padang di pertandingan kedua babak penyisihan grup A turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK). Persebaya membutuhkan satu kemenangan untuk lolos langsung dari fase grup C.

Tampil habis-habisan di Stadion Parikesit, Kamis (3/3/2016) demi tiga poin menjadi misi utama tim asal Jawa Timur ini untuk mengamankan satu tempat di partai semifinal PGK. Kemenangan bakal memuluskan jalan Otavio Dutra bertahan di turnamen ini.

Baca Juga

  • Tekuk Watford, Van Gaal Tuntut MU Pertahankan Tren Positif
  • Jadwal Liga Inggris: Siaran Langsung 5 Maret
  • Tiduri Gadis Dibawah Umur, Adam Johnson Divonis Penjara 10 Tahun

Surabaya United tampil menjanjikan di PGK dengan memetik kemenangan 3-1 di laga pertama mengalahkan melawan PON Kaltim. Meski menekuk tim yang berbeda kelas, hasil ini tetap mampu menjadi modal berharga Surabaya United melawan Semen Padang; tim yang selevel. 

Pelatih Surabaya United, Ibnu Grahan menekankan pentingnya poin sempurna untuk memastikan satu tempat di babak knock-out. "Tentu, kami ingin menang di pertandingan pertama, dan lolos (ke semifinal). Kami ingin memastikannya lebih cepat," ujar Ibnu Grahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waspadai Kebangkitan Kabau Sirah

Terkait komposisi pemain, Ibnu tidak banyak melakukan perubahan. Pemain muda masih mendominasi tim yang identik dengan warna hijau ini.

Pola 4-3-3 dipercaya masih digunakan Ibnu di pertandingan ini. Posisi kiper bakal diisi Thomas Ryan Bayu. Sedangkan, di barisan belakang I Putu Gede,  Otavio, Syahrul Kurniawan dan Erwin Tri Saputra. 

Emile Mbamba bakal menjadi striker yang diapit dua winger, Ilham Udin Armyn dan Rudi Widodo. Ketiga pemain jebolan Timnas U-19 ini masih tersisa di Surabaya United, setelah sebagian besar dipinjamkan ke Bali United.

"Kami masih melihat siapa yang tampil. Pemain harus berkonsentrasi dan fokus. Sangat berbahaya bila lengah sedikit. Semen Padang tim kuat," ujar pemain Persebaya Surabaya di era 1980-an ini.

Sang arsitek meminta tim untuk mewaspadai kebangkitan Semen Padang setelah dipaksa menelan pil pahit setelah dikalahkan tuan rumah Persiba Balikpapan di pertandingan perdana grup C dengan skor 1-2. Kekalahan ini membuat langkah Semen Padang berat ke partai semifinal.

"Mereka memiliki pengalaman dan tampil ngotot. Ini membuat kami harus berhati-hati," ujar Ibnu memperingatkan pemain.

3 dari 3 halaman

Beda Misi

Semen Padang berusaha mengincar kemenangan untuk memperpanjang napas di turnamen PGK. Kemenangan kontra Surabaya United bakal membuka peluang lolos ke babak knock-out. 

Rapor merah tersebut membuat finalis Piala Jenderal Sudirman ini berada di peringkat ketiga klasemen grup C. Bila kalah, habis sudah kans Semen Padang melanjutkan langkah di turnamen PGK. Beragam strategi alternatif bakal disiapkan Nil Maizar menghadapi pertandingan ini.

Salah satunya di posisi depan, mantan pelatih Timnas Indonesia ini bakal menduetkan striker Nur Iskandar dengan Christopher Sibi.

"Terus terang, saya masih mencari komposisi 11 pemain yang tepat untuk pertandingan di turnamen PGK. Melawan Surabaya United menjadi ajang tepat untuk mencoba formasi baru. Bisa saja, pemain yang tidak bermain (di pertandingan pertama) bakal bermain begitu juga sebaliknya."

Prakiraan Susunan Pemain

Surabaya United: Thomas Rian Bayu; Putu Gede Juni Antara, Herwin Tri Saputra, Otavio Dutra, M. Sahrul Kurniawan; Zulfiandi, Abel Gebor, Fitra Ridwan; Fandi Eko Utomo, Ilham Udin Armaiyn; Emile Mbamba

Semen Padang: Jandia Eka Putra; Handi Ramdan, Cassio, Satrio Syam, Hengki Ardiles; Vendry Mofu, Chagas, Irsyad Maulana; Riko Simanjuntak, M Nur Iskandar, Christopher Sibi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini