Sukses

Rio Haryanto Makin Percaya Diri Jelang GP Australia

Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto semakin menunjukkan perkembangan positif bersama Manor Racing.

Liputan6.com, Barcelona - Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto semakin menunjukkan perkembangan positif bersama Manor Racing di Formula 1. Catatan waktunya terus membaik.

Baca Juga

  • Manor Racing: Oli Bocor Bikin Rio Haryanto Kehilangan Waktu
  • Catatan Waktu Rekan Rio Haryanto di Manor Racing Membaik
  • 4 Fakta Menarik Sesi Tes Pramusim Rio Haryanto di Formula 1

Rio melewati sesi pramusim dengan banyak masalah, mulai dari mobil melintir, menabrak pembatas hingga kebocoran oli. Namun catatan waktunya membaik dari waktu ke waktu. Catanan terbaiknya yakni 1 menit 27,625 detik.

Pada Jumat, 4 Maret 2016, pembalap berusia 23 tahun tersebut bakal menjalani simulasi lomba di Sirkuit Catalunya, Spanyol. Rio dijadwalkan meningkuti simulasi lomba sebanyak 50 lap.

Rio wajib mengikuti simulasi lomba, karena dia harus mempersiapkan diri sebelum tampil resmi di balapan Formula 1. GP Australia yang berlangsung dua pekan lagi menjadi awal balapan F1 tahun ini.

"Semuanya bakal menjadi persiapan yang baik sebelum ke Melbourne. Semakin dekat saja balapannya, tapi 100 persen saya sudah siap untuk GP Australia," katanya, dikutip dari Formula Spy.

Dia sangat percaya diri bisa sukses dalam debutnya di F1 setelah melihat perkembangan mobil MRT05. Terlebih lagi mobilnya dipoles para ahli F1, seperti Pat Fry (mantan kepala teknik McLaren dan Ferrari) hingga Nicholas Tombazis (eks desainer Ferrari).

"Mobil ini sudah lebih baik dari minggu lalu. Kami terus mencoba menemukan keseimbangan yang tepat agar mobil bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik. Tapi kami harus bekerja lebih keras untuk menemukan keseimbangan yang lebih baik lagi," ucap Rio.

Pria asal Solo itu juga punya motivasi lebih untuk balapan di GP Australia. Rio mengaku dapat dukungan penuh dari rakyat Indonesia. "Tanpa dukungan dari Indonesia, saya tidak mungkin berada di sini," ujarnya.

"Sebagai pembalap Asia satu-satunya, saya ingin melakukan pekerjaan yang baik. Jadi, saya harus fokus setiap bekerja demi mewakili Asia, khususnya Indonesia," kata Rio menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.