Sukses

5 Debut Bintang Memalukan dalam Sejarah Sepak Bola

Lionel Messi dapat kartu merah, Woodgate cetak gol bunuh diri.

Liputan6.com, Jakarta - Kesan pertama selalu menentukan. Ini berkaitan dengan debut pemain di klub  barunya, atau tim nasional negaranya. Orang bilang, jika seorang pemain  melakukan debut bagus di klub barunya, maka ke depan langkahnya akan lancar.

Hanya masalahnya, laga debut justru kerap menjadi "problem" bagi pemain. Faktor  grogi karena diwajibkan tampil sempurna, justru bisa membuat sang pemain  bermain buruk.

Baca Juga

  • Lippi Kaget Lihat Zidane Tangani Real Madrid
  • MA Tolak Kasasi Menpora, PSSI Segera Gulirkan Kompetisi
  • Agen Cristiano Ronaldo Endus Keberadaan Pendiri Football Leaks

Namun, ada juga faktor lain yang membuat seorang pemain jadi tak maksimal,  bahkan memalukan di laga debutnya. Faktor cedera salah satunya.

Sudah begitu banyak cerita bertebaran tentang pemain yang gagal memberikan  impresi bagus terhadap klub barunya karena cedera. Ujung-ujungnya pemain  tersebut ditendang.

Berikut ini lima debut bintang yang paling memalukan sepanjang sejarah sepak  bola seperti dirilis thesporster:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Graeme Souness

5 Graeme Souness – Rangers
Di era 1980-an, Graeme Souness dikenal sebagai gelandang hebat. Di Inggris,  dia menoreh sukses bersama Liverpool dan Tottenham Hotspur. Souness juga sempat membela Sampdoria di Liga Italia.

Pada 1986, Souness direkrut klub Skotlandia, Rangers, sebagai pemain merangkap pelatih. Ketika itu, dia didatangkan untuk membuat Rangers menjadi tim yang disegani di Skotlandia.

Misi Souness sebenarnya cukup berhasil. Dia sukses membawa Rangers memenangkan  3 gelar liga dan 4 Piala Skotlandia. Namun, Souness sempat mendapat cela pada  debutnya.

Ketika itu, di lapangan, sebagai pelatih-pemain, Souness menyebabkan  perkelahian massal nan brutal di lapangan. Souness mendapat kartu merah.  Total, 21 dari 22 pemain di laga tersebut mendapat kartu kuning.

3 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic

4 Zlatan Ibrahimovic - AC Milan
Zlatan Ibrahimovic sudah lama dikenal sebagai penyerang hebat. Sejak membela  klub Belanda, Ajax Amsterdam, namanya sudah disebut-sebut sebagai penyerang  hebat seantero Eropa.

Pada 2011, Ibrahimovic kembali ke Italia, usai bermasalah dengan pelatih Josep  Guardiola di Barcelona. Ketika itu dia bergabung dengan AC Milan. Sebelumnya,  Ibrahimovic pernah membela dua klub Italia lainnya: Juventus dan Inter Milan.

Nah, debut bersama Milan inilah yang membuat karier Ibrahimovic sedikit  tercemar. Sebagai penyerang andal, Ibrahimovic gagal membuat timnya menang.  Padahal, ketika itu, lawan yang mereka hadapi klub papan bawah, Cesena.

Lebih memalukan lagi, Ibrahimovic, sebenarnya mendapat kesempatan untuk  membuat gol lewat tendangan penalti. Namun, eksekusinya melambung jauh dari  target.

4 dari 6 halaman

Rio Ferdinand

3 Rio Ferdinand
Dengan harga transfer yang mahal, seorang pemain baru tentu dituntut selalu  tampil sempurna. Terutama dalam debutnya, di mana mata seluruh suporter  mengawasi sang pemain. Jika membuat salah, kesan pertama pun jadi buruk.

Ini terjadi kepada Rio Ferdinand. Saat diboyong Leeds United dari West Ham  United, harganya sangat mahal, 35 juta pound sterling, pada tahun 2000. Itu  rekor termahal di Liga Inggris untuk pembelian pemain belakang.
 
Namun, debut Ferdinand bersama Leeds justru memalukan, saat menghadapi  Leicester City. Sebagai bek mahal, dia tampil buruk. Gagal melindungi gawang  Leeds dari kebobolan tiga gol.

Untung, Ferdinand mampu bangkit. Setelah itu dia terus tampil bagus bersama  Leeds. Performa bagusnya menarik perhatian klub elite Inggris, Manchester  United, yang kemudian merekrutnya.

5 dari 6 halaman

Lionel Messi

2 Lionel Messi - Argentina
Boleh jadi Lionel Messi saat ini merupakan pemain terbaik dunia. Bersama  Cristiano Ronaldo, Messi bahkan disebut-sebut sebagai pemain yang berasal dari  planet lain.

Namun, siapa sangka, pemain mungil ini sempat mengalami debut memalukan  bersama tim nasional Argentina, 17 Agustus 2005. Dia mendapat kartu merah saat  Argentina berhadapan dengan Hungaria di sebuah laga persahabatan.

Ketika itu, Messi masih sangat muda, 18 tahun. Dia diturunkan sebagai pemain  pengganti, pada menit ke-63. Messi sebenarnya tampil gemilang, lincah, hingga  membuat pemain lawan melakukan berbagai cara menghentikannya.

Salah satu bek Hungaria mencoba menarik kausnya.Messi berusaha melepaskan diri  dan secara refleks sikunya mengenai wajah pemain Hungaria tersebut. Kartu  merah pun dia terima.

6 dari 6 halaman

Jonathan Woodgate

1 Jonathan Woodgate - Real Madrid
Publik sepak bola Inggris sempat menyematkan status kepada Jonathan Woodgate  sebagai salah satu bek masa depan. Bersama Newcastle United dan Leeds United,  dia memang tampil mengesankan. Sampai akhirnya direkrut klub kaya Spanyol,  Real Madrid, pada 2004.

Namun, sayang, masalah cedera membuat bakat dan kemampuan Woodgate sempat  tenggelam. Bahkan, di Madrid, dia membutuhkan waktu cukup lama untuk sekadar  melakukan debutnya. Penyebabnya, ya itu tadi, cedera.

Sampai akhirnya datang "hari besar" itu, Woodgate justru melakukan hal  terbodoh yang dilakukan pemain sepak bola. Di laga La Liga, menghadapi  Athletic Bilbao, Woodgate melakukan gol bunuh diri.

Tak hanya itu, serasa belum lengkap mempermalukan diri sendiri, Woodgate juga  mendapat kartu merah di pertandingan. Real Madrid sendiri ketika itu kalah 1- 2.

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.