Sukses

5 'Predator' Haus Gol di Liga Champions

Ronaldo di posisi teratas dalam torehan gol terbanyak di Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Liga Champions adalah ajang terpenting dan paling bergengsi untuk klub-klub elite di Eropa. Turnamen ini diikuti klub-klub teratas di klasemen liga-liga yang terdapat di "Benua Biru".

Karena yang berpartisipasi klub-klub besar, otomatis turnamen ini juga dipenuhi atraksi-atraksi bintang-bintang kelas satu yang merumput di Eropa. Bagi para penyerang, ajang ini juga menjadi pembuktian ketajaman mereka sesungguhnya.

Baca Juga

  • Chelsea Vs PSG: Ibra Ungkap Dahaga Qatar Terhadap Liga Champions
  • Gasak Roma, Madrid Mulus ke Perempat Final
  • Dua Tim Pastikan Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Pasalnya, lawan yang dihadapi juga merupakan klub-klub terbaik di Eropa, yang memiliki bek-bek tangguh. Maka itu, jadi kebanggaan tersendiri bagi mereka jika mampu menjadi yang terbanyak dalam torehan gol.

Siapa saja mereka? Berikut lima penyerang paling tajam dalam sejarah Liga Champions, termasuk saat ajang ini masih menggunakan nama European Cup alias Piala Champions di era 1950-an.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Thierrry Henry

5. Thierry Henry, 50 Gol
Total 50 gol yang dicetak Thierry Henry dia bukukan bersama tiga klub: AS Monaco, Arsenal, dan Barcelona pada periode 1994-2010. Total 50 gol itu dia cetak dalam 112 laga, yang berarti rata-rata dia mencetak 0,45 gol per laga.

Prestasi terbaiknya saat mencetak sembilan gol dalam tujuh laga bersama Monaco pada musim 1998/99. Setelah itu, Henry memulai petualangannya dengan Arsenal, setelah sempat sebentar membela Juventus.

Bersama Arsenal, torehan terbanyaknya adalah saat mencetak delapan gol dari 11 laga di musim 1999/00. Bersama Arsenal pula dia sempat mencicipi final di musim 2005/06, sebelum dikalahkan Barcelona.

Uniknya, Henry akhirnya berhasil jadi juara Liga Champions bersama Barcelona, di musim 2008/09. Ketika itu di final Barcelona mengalahkan klub Inggris, Manchester United.

3 dari 6 halaman

Ruud Van Nistelrooy

4. Ruud Van Nistelrooy, 56 Gol
Di eranya, Ruud Van Nistelrooy bisa dibilang merupakan salah satu penyerang terbaik dunia. Pemain asal Belanda ini mendulang 56 gol dari 73 pertandingan bersama PSV Eindhoven, Manchester United (MU), dan Real Madrid. Artinya, dia mencetak rata-rata 0,77 gol per laga.

Van Nistelrooy memang belum pernah merasakan gelar juara Liga Champions. Namun, saat masih bersama MU, dia pernah tiga kali jadi pencetak gol terbanyak. Dua di antaranya bahkan berturut-turut: 2001/02 dan 2002/03 dengan 10 dan 12 gol.

Musim 2002/03 juga jadi musim terbaik pemain yang akrab disapa Ruutje ini. Pasalnya, total 12 gol miliknya itu dia ciptakan hanya dalam sembilan pertandingan.

Sayangnya, MU sendiri ketika itu gagal bicara banyak. Mereka disingkirkan Real Madrid di perempat final. Van Nistelrooy sendiri kemudian bergabung dengan Madrid pada awal musim 2005/06.

4 dari 6 halaman

Raul Gonzalez

3. Raul Gonzalez, 71 Gol

Mantan bintang Real Madrid, Raul Gonzalez, sempat lama tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champions. Namun, belakangan, dia harus rela "gelar"-nya itu diserobot Lionel Messi, kemudian Cristiano Ronaldo.

Di ajang Liga Champions, Raul memang berpartisipasi bersama dua klub: Real Madrid dan Schalke 04. Namun, dari total 71 gol dalam 142 pertandingan yang dia ciptakan, hampir sebagian besar bersama Real Madrid.

Sebelum bergabung dengan Schalke, Raul sendiri sudah mendapat predikat "legenda" di Madrid. Selain berhasil memenangkan enam gelar Liga Spanyol, dia juga tiga kali membawa Real Madrid memenangkan Liga Champions.

Raul mengakhiri petualannya di Madrid setelah 15 tahun dan bergabung dengan Schalke di Jerman. Raul pensiun di tahun 2015 bersama klub Amerika Serikat, New York Cosmos. Namun, sebelum itu juga sempat membela Al Saad di Qatar.

5 dari 6 halaman

Lionel Messi

2. Lionel Messi, 82 Gol
Sulit disangkal, Lionel Messi adalah salah satu penyerang terbaik dunia saat ini. Messi-lah yang mematahkan rekor Raul Gonzalez pada November 2014, usai mencetak hattrick ke gawang klub Siprus, APOEL FC.

Messi juga menjadi langganan pemenang FIFA Ballon d'Or, penghargaan untuk Pemain Terbaik Dunia, yang telah empat kali dimenangkannya. Messi juga telah empat kali mengantarkan Barcelona memenangkan gelar Liga Champions.

Untuk prestasi pribadi, Messi mencetak rekor dengan empat musim berturut-turut menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions. Torehan gemilang itu dibukukannya pada musim 2008/09 hingga 2011/12, dengan 9, 8, 12, dan 14 gol.

Musim ini, bersama Barcelona di bawah asuhan Luis Henrique, Messi juga kembali berpeluang membawa Barcelona juara Liga Champions. Hanya memang, di daftar pencetak gol terbanyak sementara, koleksinya masih tertahan di kuota lima gol.

6 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo

1. Cristiano Ronaldo, 90 Gol
Satu gol yang dicetak Cristiano Ronaldo saat Real Madrid mengalahkan AS Roma 2-0 Selasa (8/3/2016), menggenapkan torehan golnya menjadi 90 di Liga Champions. Jumlah ini merupakan rekor gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

Sejak bergabung dengan Real Madrid dari Manchester United tujuh tahun lalu, Ronaldo memang telah menjelma jadi predator gol ulung. Di Liga Champions, total telah 50 gol dia ciptakan dalam lima musim terakhir.

Bersama Madrid, Ronaldo telah dua kali memenangkan Liga Champions. Yaitu pada 2007/08 saat di final mengalahkan MU dan 2013/14 usai menaklukkan Atletico Madrid.

Selain pencetak gol terbanyak sepanjang masa, Ronaldo juga tercatat sebagai pemain yang mencetak paling banyak gol dalam satu musim Liga Champions. Total 17 gol dia cetak di musim 2013/14. Musim ini, Ronaldo telah mencetak 13 gol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.