Sukses

Video Fenomena Gerhana Matahari dari Markas Manchester City

Euforia fenomena gerhana matahari yang terjadi di Indonesia ternyata sempat dirasakan di Inggris 2015 lalu.

Liputan6.com, Manchester - Euforia fenomena gerhana matahari yang terjadi di Indonesia ternyata sempat dirasakan di Inggris 2015 lalu. Situs resmi Manchester City sempat mengabadikan momen langka itu dari kursi tribun Etihad Stadium yang terjadi pada 20 Maret 2015 lalu. Gerhana matahari ini pertama setelah 1999.

Dalam video berdurasi kurang dari dua menit tersebut menunjukkan gerhana matahari total di markas The Citizens. Dalam beberapa menit, langit Etihad Stadium berubah menjadi gelap. Gerhana matahari di Inggris Maret tahun lalu terjadi di sebagian wilayah Eropa Utara, Asia Timur, dan Afrika Barat. 

 

Baca Juga

  • Arema Ramaikan 'Nobar' Gerhana Matahari Total
  • Jejak Pil 'Sakti' Sharapova Ditemukan di Perang Afghanistan
  • Enigma Kutukan Cedera Skuat Arsenal yang Terus Berulang

Di Indonesia sendiri, gerhana matahari menjadi tontonan masyarakat di beberapa tempat seperti di Palembang, Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Palu hingga Papua pada Kamis, (9/3/2016) pagi hari tadi. Sementara itu, warga Jakarta berkumpul di Planetarium untuk menyaksikan peristiwa langka ini.

Beragam cara dilakukan masyarakat Indonesia untuk melihat gerhana matahari. Mulai dari menggunakan kertas hasil rontgen hingga plastik air mineral. Bahkan di antara mereka mengenakan helm las. 

Gerhana matahari yang terjadi di Indonesia ini juga menarik perhatian dunia. Turis asing berbondong-bondong ke sejumlah tempat Indonesia yang dilewati gerhana matahari. Bahkan, mereka telah jauh-jauh hari menyewa penginapan

Berikut fenomena gerhana matahari yang disaksikan dari Etihad Stadium 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.