Sukses

Gol Gaitan Bikin Benfica Lolos ke Perempat Final

Hulk sempat beri Zenit harapan sebelum terjadinya gol Nicolas Gaitan.

Liputan6.com, St Petersburg - Benfica menjadi tim ketiga yang lolos ke babak perempat final Liga Champions usai imbang 2-1 atas tuan rumah Zenit pada leg kedua 16 besar di Stadion Petrovsky, Kamis (10/3/2016) dini hari WIB. Gol Nicolas Gaitan dan Talisca membuat Zenit harus gigit jari karena sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Hulk.

Hasil imbang ini membuat Benfica unggul agregat 3-1 atas Zenit. Benfica pun menemani Wolfsburg dan Real Madrid yang sudah lolos terlebih dahulu.

Benfica tetap ganas meski tandang ke markas Zenit sejak kick off. Terbukti, Jonas sudah mengetes kiper Zenit, Lodygin dengan tendangan bebas kerasnya tapi ditepis pada menit ke-5.

Baca Juga

  • Francesco Totti Kini Menyesal Tidak Gabung Madrid, Kenapa?
  • Michelin Tawarkan Ban Jenis Baru di MotoGP Qatar
  • MU Wajib Beli Pemain Ini Bila Ingin Berjaya Lagi

Tuan rumah Zenit tentu tak menjadi mau jadi bulan-bulanan. Lewat sederet pemain berkualitas, Zenit sesekali mampu menekan pertahanan Benfica.

Pemain Benfica rayakan keberhasilan lolos ke perempat final Liga Champions usai imbang lawan Zenit di Stadion Petrovsky (Reuters)

Di menit ke-22, Zenit nyaris membuka skor. Sayang umpan terobosan Hulk kepada Dzyuba masih bisa dibaca bek Benfica, Ederson.

Permainan yang alot dari kedua tim membuat skor 0-0 bertahan hingga peluit babak pertama berbunyi.

Di babak kedua, Zenit kencangkan serangan ke pertahanan Benfica. Usaha Zenit tak sia-sia ketika Hulk mencetak gol di menit ke-69.

Lewat serangan cepat, Zhirkov memberikan umpan lambung yang disambut Hulk dengan sundulan. Skor berubah 1-0 untuk tuan rumah Zenit sekaligus membuat agregat menjadi 1-1.

Di menit ke-71, kiper Zenit Lodygin harus bekerja keras untuk menangkis sundulan Lindelof. Peluang ini memanfaatkan umpan tendangan sudut dari Gaitan.

Saat seakan pertandingan bakal dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu, gol balasan dari Benfica terjadi di menit ke-85.

Nicolas Gaitan selebrasi gol di laga Zenit vs Benfica (REUTERS/Maxim Zmeyev)

Adalah Nicolas Gaitan yang membuat publik Zenit harus gigit jari dan terdiam. Winger Benfica ini memanfaatkan bola muntah hasil tendangan rekannya sendiri. Skor pun berubah 1-1, namun Benfica kembali unggul agregat 2-1.

Zenit tak mampu memanfaatkan sisa waktu untuk kembali cetak gol. Sebaliknya, Benfica kembali cetak gol lewat Talisca yang baru masuk di injury times. Zenit pun harus rela tersingkir karena kalah agregat 1-3,

Susunan Pemain:

Zenit: Lodygin;Anyukov/Smolnikov (58),Neto, Lombaerts,Zhirkov;Mauricio/Yusupov (82),Witsel;Kokorin/Shatov (58),Danny,Hulk;Dzyuba

Benfica:Ederson;Nelson,Samaris, Nilsson,Eliseu;Pizzi,Fejsa,Renato,Gaitan;Mitroglou/Jimenez (67),Jonas/Talisca (90)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.