Sukses

10 Pelatih Paling Boros di Bursa Transfer

Dengan uang yang tak terbatas, sebuah tim bisa membeli pemain hebat bernilai kontrak selangit.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sepak bola profesional, prestasi berbanding lurus dengan kekayaan klub. Dengan uang yang tak terbatas, sebuah tim bisa membeli pemain hebat bernilai kontrak selangit.

Baca Juga

  • Model Playboy Berdarah Turki Bakal Hiasi Barisan WAGs ManCity
  • Cerita Mahrez dari Teman Sekamar: Doyan Junk Food dan Berantakan
  • Rio Haryanto Kian Bersemangat Sambut GP Australia

Sederet pelatih berani mengajukan daftar pemain mahal agar timnya lebih kuat. Namun di sisi lain, ada beberapa nama pelatih inspiratif yang meraih titel dengan memanfaatkan pemain lamanya.

Sebut saja pelatih Juventus Massimiliano Allegri dan pelatih Atletico Madrid Diego Simeone. Mereka bisa mengangkat trofi juara hingga bisa menembus final Liga Champions tanpa melakukan pemborosan dalam bursa transfer.

Seperti yang dilansir dari SportsKeeda, semua orang dalam daftar 10 pelatih terboros kali ini telah berhasil menangani beberapa klub dalam satu dekade terakhir, kecuali Arsene Wenger. Berikut penjelasannya.

10. Brendan Rodgers - 411,58 juta euro

Rodgers hanya melatih tim-tim Liga Inggris semisal Watford, Reading, Swansea dan Liverpool. Dalam 10 tahun berkarier sebagai manajer, dia membawa 51 pemain dengan menghabiskan biaya Rp 5,9 triliun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2

9. Mark Hughes - 432, 53 juta euro

Tak disangka manajer Stoke City ini menempati uruttan kesembilan sebagai pelatih terboros dalam satu dekade terakhir. Mantan bintang Manchester United itu menghabiskan Rp 6,1 triliun untuk belanja 46 pemain di berbagai klub yang ditanganinya.

Sebelum melatih The Potters, dia melatih empat klub Liga Inggris  Blackburn Rovers, Manchester City, Fulham, dan Queens Park Rangers.

8.  Louis Van Gaal - 478, 48 juta euro

Dalam 10 tahun terakhir, Van Gaal melatih AZ Alkmaar, Bayern Munich dan saat ini, Manchester United. Dia juga ditunjuk menjadi pelatih timans Belanda pada 2012-2014.

Sebanyak 40 pemain berhasil direkrutnya sebagai pemain anyar klub-klub yang pernah ditangani, dengan total pengeluaran Rp 6,9 triliun.

3 dari 5 halaman

3

7. Arsene Wenger - 479,82 juta euro

Wenger jadi pelatih boros yang jarang membawa pulang trofi juara dalam 10 tahun terakhir. Bersama Arsenal dia hanya mampu membawa dua juara FA. Dengan total biaya belanja Rp 6,9 triliun, pria asal Prancis ini telah merekrut 52 pemain.

6. Rafael Benitez - 527,64 juta euro

Pelatih asal Spanyol itu mengawali karier bersama Liverpool kemudian hijrah melatih Inter Milan, Chelsea, Napoli dan dipecat Real Madrid baru-baru ini. Dengan pengeluaran sebesar Rp 7,6 triliun, dia bisa memboyong 62 pemain, termasuk Fernando Torres dan Javier Mascherano.

4 dari 5 halaman

4

5. Pep Guardiola - 545,50 juta euro

Inilah pelatih tersukses dalam satu dekade terakhir ini. Bersama Barcelona dia memastikan timnya jadi treble winner musim 2008/2009. Baru dua tahun di Bundesiga, dia bisa mempersembahkan gelar juara liga dua kali.

Dalam 10 tahun, ternyata Guardiola menghabiskan Rp 7,9 triliun untuk mendatangkan 30 pemain, termasuk Zlatan Ibrahimovic, Alexis Sanchez dan Cesc Fabregas.

4. Roberto Mancini - 585, 59 juta euro

Mancini hanya melatih tiga klub elit Eropa dalam satu dekade terakhir, yakni Inter Milan, Manchester City dan tim Turki Galatasaray.

Tiga tim ini kalau ditotal sudah memberikan 'jajan' Rp 8,5 triliun kepada pelatih asal Italia tersebut. Namun hasilnya tak mengecewakan karena sembilan trofi sudah dipersembahkan oleh Mancini selama jadi pelatih.

5 dari 5 halaman

5

3. Carlo Ancelotti - 799,05 juta euro

Ancelotti merasakan trofi Liga Champions bersama AC Milan dan Real Madrid. Selain dua tim ini, dia pernah menukangi Chelsea dan Paris Saint-Germain.

Musim depan dia akan berpetualang bersama Bayern Muenchen, juara Bundesliga musim 2014/2015. Bila ditotal, dalam 10 tahun terakhir mantan gelandang Milan itu menghabiskan Rp 11.6 triliun untuk memboyong 47 pemain.

2. Manuel Pellegrini - 846,55 juta euro

Manajer asal Chile ini telah menangani klub besar seperti Villarreal, Real Madrid, Malaga dan terakhir Manchester City dalam 10 tahun terakhir.

Pellegrini setidaknya menghabiskan Rp 12 triliun, termasuk untuk membeli Ricardo Kaka, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Xabi Alonso untuk Madrid. Sayang ketika itu tak satupun trofi mampir ke Bernabeu.

1. Jose Mourinho - 897,38 juta euro

Pelatih asal Portugal ini sudah menghabiskan lebih dari Rp 13 triliun untuk belanja total 64 pemain, ketika melatih Sporting Lisbon, Chelsea, Inter Milan, dan Real Madrid.

Dengan uang sebanyak itu, prestasinya tak mengecewakan. Dia berhasil meraih 13 trofi di berbagai ajang bersama tim-tim yang dilatihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini