Sukses

Rio Haryanto Diragukan Legenda F1, Wehrlein Pasang Badan

Rio diragukan karena pada saat sesi pramusim di Sirkuit Katalan, Barcelona, beberapa waktu lalu, mobilnya melintir hingga menabrak pembatas.

Liputan6.com, Melbourne - Mantan pembalap Formula 1 (F1) kelahiran Belanda, Robert Doornbos meragukan kemampuan jagoan balap Indonesia Rio Haryanto bersama Manor Racing di musim balap F1 2016.

Rio diragukan karena pada saat sesi pramusim di Sirkuit Katalan, Barcelona, beberapa waktu lalu, mobilnya melintir, menabrak pembatas hingga mengalami kebocoran oli. Catatan waktunya pun dinilai lambat.

Baca Juga

  • Tak Hanya Rossi, Ini Kekhawatiran Terbesar Marquez di MotoGP 2016
  • FIFA Sambut Baik Inisiatif Presiden Jokowi, Asal....
  • 5 Atlet Dunia Positif Doping, Selain Si Cantik Maria Sharapova

Pada sesi test pramusim hari pertama, catatan waktu pembalap asal Solo itu 1 menit 28,249 detik. Namun di hari terakhir, catatan waktunya menjadi 1 menit 25,899 detik.

Rekan Rio di Manor Racing, Pascal Wehrlein silang pendapat dengan Doornbos. Pembalap asal Jerman itu membela Rio habis-habisan. "Keputusan menunjuk Rio bukanlah hak saya. Tapi saya percaya kemampuannya," katanya, dikutip dari Speed Week.

"Dia memang tidak bersinar saat tes pramusim, mobilnya masuk batu krikil. Namun saya tidak berpikir kalau dia adalah pembalap yang buruk," ucap Wehrlein.

Rio Haryanto, pebalap kelahiran Solo ini merupakan orang Indonesia pertama yang berhasil menembus Formula 1. (Reuters/Sergio Perez)

Pria berusia 21 tahun itu menegaskan, nasib yang dialami Rio saat sesi pramusim bisa dialami siapa saja. "Bisa saja itu terjadi pada saya saat balapan selanjutnya," ujar. 

Lebih lanjut, Wehrlein mengatakan, Rio punya bakat yang seharusnya tidak perlu diragukan. Ajang GP2 2015 menjadi salah satu bukti Rio merupakan pembalap berpotensi.

"Tahun lalu di GP2, dia bisa finis di posisi keempat. Dia mengalahkan pembalap papan atas dan mendapat podium pertama. Jadi, dia bukan pembalap yang buruk," Wehrlein menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini