Sukses

Persib Bandung Incar Kemenangan Perdana di Piala Bhayangkara

Dalam 3 pertemuan terakhir di Stadion Si Jalak Harupat, Mitra Kukar tak pernah mampu mengatasi Persib.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan berhadapan dengan Mitra Kukar dalam laga perdana turnamen Piala Bhayangkara 2016 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung, Kamis (17/3/2016). Tim Maung Bandung dan Mitra Kukar tergabung dalam Grup A bersama PS TNI, Sriwijaya FC, dan Pusamania Borneo FC.

Laga Persib kontra tim berjuluk "Naga Mekes" ini, bakal berlangsung menarik, karena mempertemukan dua tim jawara. Mitra Kukar adalah juara Piala Jenderal Sudirman, sedangkan Persib sukses meraih trofi Piala Presiden.

Rekor pertemuan kedua tim juga cukup berimbang. Persib dan Mitra Kukar pernah saling mengalahkan. Mitra Kukar menaklukkan Persib 0-1 pada leg pertama semi final Piala Presiden di Stadion Aji Imbut. Namun Persib membalasnya dengan skor cukup telak 3-1 pada leg kedua di Stadion Si Jalak Harupat.

Persib Bandung
Tapi, Persib memiliki catatan bagus jika bertanding di markas mereka. Dalam 3 pertemuan terakhir di Stadion Si Jalak Harupat, Mitra Kukar tak pernah mampu mengatasi Persib. Mereka hanya bisa mengukir hasil satu kali imbang dan dua kali kekalahan.

Pelatih Persib, Dejan Antonic, sudah menargetkan kemenangan dalam laga perdana nanti. Dejan yakin dan optimistis dengan kehadiran para pemain muda dan baru, serta dukungan penuh manajemen target itu bisa direalisasikan.

Meski begitu Dejan tetap menilai Mitra Kukar bisa menjadi tim yang bisa mengancam ambisinya. Menurutnya Mitra Kukar memiliki kelebihan karena sebelumnya telah bertanding dalam turnamen Piala Gubernur Kaltim.

"Saya lihat mereka di turnamen kemarin, tapi yang penting kita harus serius," kata Dejan, yang menanggap turnamen Piala Bhayangkara ujian penting bagi anak asuhnya untuk menyambut kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pergantian Pelatih

Sementara itu, persiapan Persib jelang turnamen ini, berjalan cukup mulus. Selain kombinasi pemain senior dan muda, Persib kini juga mendapat amunisi tambahan dengan kedatangan pemain asal Spanyol Juan Balencoso dan Yanto Basna pindahan dari Mitra Kukar.

Kehadiran Yanto Basna, tentu memberi banyak keuntungan bagi Persib. Pasalnya, ia tahu persis permainan calon lawannya. "Lawan Mitra Kukar saya akan main profesional saja. Saya akan bermain dengan baik dan memberikan yang terbaik untuk Persib," kata Yanto.

Pemain anyar Persib Yanto Basna
Berbeda dengan tim tuan rumah, Mitra Kukar datang ke turnamen ini membawa beberapa persoalan. Mulai dari pergantian pelatih hingga cederanya beberapa pemain pilar.

Mitra Kukar baru saja ditinggal pelatih Jafri Sastra, yang sukses mempersembahkan gelar Piala Jenderal Sudirman 2015. Sebagai suksesornya manajemen klub menunjuk Subangkit.

Subangkit mengaku datang ke Bandung tanpa mengetahui kekuatan dari timnya. Kendati begitu ia tetap berusaha untuk melakukan langkah strategis.

Mitra Kukar membawa 15 pemain lama dan tujuh pemain baru. Namun, kali ini mereka tidak lagi diperkuat Yanto Basna, geladang Rizky Pellu, dan Hendra Ridwan.

Dari 22 pemain tersebut, beberapa di antaranya adalah para pemain anyar yang baru didatangkan manajemen Mitra Kukar seperti kiper Geri Mandagi, Arifki Eka Putra, Joko Sidik, Dian Irawan dan striker asal Brasil, Marlon da Silva de Moura.

Prakiraan Susunan Pemain:

Persib: I Made Wirawan; Diaz Angga Putra, Vladimir Vujovic, Hermawan, Tony Sucipto, Tantan, Kim Jefrey Kurniawan, Hariono, Atep, Febri Haryanto, Juan Carlos.

Mitra Kukar: Shahar Ginanjar; Abdul Gamang, Arthur Chuna, Syaiful Maulana, Zikri Akbar, Hendra Bayaouw, Bayu Pradana, Rodrigo, Yoga Rahadian, Maulana, Ronald.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.